Bisnis

Bentuk Pembiayaan Dana Bantuan

Beberapa lembaga donor yang tidak mau memberikan bantuan dana berupa uang cash, tetapi berupa barang misalnya atau berupa tenaga ahli, fasilitas menggunakan peralatan, tempat, dan sebagainya.

Pokoknya bantuan tidak berupa dana uang cash.  Oleh karena itu, pengertian bantuan pendanaan mencakup semua jenis bantuan yang diberikan oleh suatu negara/lembaga donor baik berupa dana cash, bantuan peralatan yang kita perlukan, bantuan tenaga, atau bantuan-bantuan lain yang sifatnya adalah untuk mendukung berhasilnya pelaksanaan kegiatan yang kita punya.

Bentuk Pembiayaan Dana Bantuan

Seperti dijelaskan di atas bahwa bantuan pendanaan atau bantuan pembiayaan yang dimaksud dalam buku ini tidak terbatas dalam bentuk dana yang diberikan secara langsung berupa cash, namun termasuk juga segala bentuk dana yang diwujudkan dalam bentuk barang, kegiatan atau upaya untuk mendukung pengembangan mikrohidro, baik secara langsung ataupun tidak.

Baca Juga: Dana Hibah Pelaku Usaha 2017 Tanpa Syarat

Baca Juga: Bentuk Bantuan Pendanaan dan Mekanisme Penyalurannya

adjuvant online breast cancer, advanced breast cancer, articles on breast cancer, best breast cancer hospitals, breakthrough breast cancer breast cancer treatment, Breast Cancer, breast cancer articles, breast cancer australia, breast cancer awareness, breast cancer awareness month, breast cancer campaign, breast cancer causes, breast cancer charities, breast cancer charity, breast cancer cure, breast cancer definition, breast cancer diagnosis, breast cancer facts, breast cancer foundation, breast cancer images, breast cancer in men, Breast Cancer Information, mesothelioma cancer

Baca Juga: Bentuk Pembiayaan Dana Bantuan

Baca Juga: Sasaran Dana Dari Lembaga Bantuan Hibah

Baca Juga :  Tahap - Tahap Mengurus SIUP Dagang

Baca Juga: Mekanisme Penyaluran Dana Oleh Lembaga Donor

Baca Juga: Contoh Proposal Dana Bantuan Budidaya Ikan

Baca Juga: Akses Lembaga Donor Dana Hibah Untuk Pelaku Usaha dan Organisasi

Baca Juga: Daftar Lembaga Penyedia Dana Pembiayaan

Baca Juga: Program Kemitraan Binaan Semen Gresik dan Tata Cara Pengajuan Pinjaman Mitra Binaan Semen Gresik

Baca Juga:  Perbedaan Kewirausahaan Kewiraswastaan dan Entrepreneurship

Baca Juga:  Orang Sukses Memiliki 9 Kecerdasan Emosi

Baca Juga: Syarat dan Prosedur Pendirian CV Perseroan Comanditer

Baca Juga: Optimalkan Bisnis Dengan SEO Website Bisnis Anda

Baca Juga: Sepuluh Kunci Entrepreneur Muda Mencapai Kesuksesan

Baca Juga: Sebab Sebab Gagalnya Bisnis

Baca Juga: Prosedur Ekspor Impor Perdagangan Trading

Baca Juga: Tahap dan Cara Mendirikan Perusahaan PT

Baca Juga: Privat Label Brand Semakin Berkembang

Baca Juga:  Rahasia Sukses Bos Bos Jepang

Baca Juga: Kunci Menjadi Wirausaha Sukses

Baca Juga: Cara Sukses Memasarkan Bisnis Online Anda

Baca Juga: 11 Pesan Nyentrik Pengusaha Kawakan Bob Sadino

Baca Juga: Tips Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank Kredit Online

Baca Juga: Pebisnis Tentu Faham Bank Swift Code International

Di dalam dunia pen dana an, ada beberapa kelompok bentuk bantuan pendanaan yang perlu diketahui yaitu:
Bantuan Program (Program AID).  Bantuan ini biasanya diberikan oleh suatu Negara atau lembaga pendanaan internasional ke suatu Negara berkaitan dengan suatu program pembangunan tertentu. Bantuan ini berupa devisa yang diperlukan untuk menutup kekosongan neraca pembayaran, yaitu untuk mengimpor barang-barang yang diperlukan oleh rakyat. Contohnya adalah bantuan pangan.

Baca Juga :  Orang Sukses Memiliki 9 Kecerdasan Emosi

1. Bantuan Proyek (Project Aid).

Bantuan ini diberikan dalam bentuk fasilitas pembiayaan berupa, valuta asing atau valuta asing yang dirupiahkan, untuk membiayai berbagai kegiatan proyek pembangunan baik dalam rangka rehabilitasi, pengadaan barang/peralatan dan jasa, perluasan atau pengembangan proyek baru. Pemberian dana secara langsung ini, bisa dalam bentuk hibah (pemberian dana tanpa kewajiban untuk mengembalikan), pinjaman (pemberian dana dengan kewajiban untuk mengembalikan berdasarkan kesepakatan yang disetujui sebelumnya) atau investasi (pemberian dana dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu, termasuk penyertaan modal). Bentuk pembiayaan ini umumnya diberikan oleh lembaga pemerintah, lembaga donor, organisasi nirlaba/non-pemerintah dan lembaga keuangan.

2. Bantuan Teknis (Technical Assistance). 

Bantuan ini diberikan kesuatu proyek tertentu dalam bentuk bantuan penyediaan tenaga ahli (expert), pendidikan dan latihan, barang dan peralatan dan atau kegiatan pendukung lainnya. Secara umum, bantuan teknis ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

1)    Penyediaan perlengkapan fisik, mencakup pemberian secara langsung alat dan bahan untuk menunjang terlaksananya kegiatan pemohon, serta berbagai teknologi yang mendukung. Bentuk pembiayaan ini contohnya bantuan kereta rel listrik yang ada di Jabotabek yang diberikan oleh Kedutaan Besar Jepang kepada pemerintah Indonesia (dalam hal ini Departemen Perhubungan).

2)   Pendampingan, termasuk di dalamnya fasilitasi, advokasi kebijakan, pembentukan jaringan, kerjasama atau asosiasi. Bentuk pembiayaan ini banyak diberikan oleh lembaga donor dan organisasi nirlaba/non-pemerintah dalam hal pembentukan organisasi masyarakat, pembuatan atau perbaikan kebijakan, pengembangan jaringan pemasaran hasil industri rumah tangga, dan lainnya.

Baca Juga :  Daftar Lembaga Penyedia Dana Pembiayaan

3)   Peningkatan kapasitas, yaitu peningkatan kemampuan dan sumber daya individu, organisasi dan komunitas dalam mengatasi perubahan pembangunan, termasuk di dalamnya adalah pembentukan kesadaran, keterampilan, pengetahuan, motivasi, komitmen dan kepercayaan diri. Contoh bentuk pembiayaan ini adalah pelatihan dan beasiswa yang diberikan oleh beberapa lembaga donor dan organisasi nirlaba/non-pemerintah.

4)   Pengkajian, dalam bentuk studi atau saran di bidang yang diajukan oleh pemohon. Bentuk pembiayaan ini terutama dilakukan oleh lembaga pemerintah, lembaga donor serta beberapa organisasi nirlaba/non-pemerintah.

Ide dasar dari banttuan teknis ini adalah dimungkinkannya alih teknologi, yaitu mengisi kekosongan dalam bidang-bidang keahlian tertentu dan sekaligus memindahkan keahlian para tenaga ahli internasional tersebut kepada tenaga kerja Indonesia.

Bentuk pembiayaan yang disediakan oleh tiap sumber pembiayaan perlu diketahui pemohon agar dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya masing-masing, baik pemohon dari suatu organisasi pemerintah, organisasi nir laba, kelompok masyarakat ataupun individu. Pemilihan tersebut termasuk juga melihat kemungkinan kerjasama pembiayaan dari berbagai sumber dengan bentuk pembiayaannya masing-masing.

Misalnya sumber pembiayaan A diminta untuk memberikan pinjaman dana dalam pembelian bahan-bahan instalasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH), sedangkan sumber pembiayaan B diminta untuk memberikan penguatan masyarakat sejak perencanaan hingga paska pembangunan PLTMH, dan sumber pembiayaan C diminta untuk membantu proses pembuatan regulasi yang mendukung di lokasi terkait, dan seterusnya.

 

2 Comments

2 Comments

  1. juli

    April 25, 2015 at 2:57 am

    Mohon bantuannya…saya mohon.,.saya harus membayar hutang yg cukup banyak…dan saya bermaksud mendonorkan ginjal saya…tp saya takut krn punya bayi 8bulan… tlg saya …saya mohon …terimakasih

  2. Mawar

    January 31, 2016 at 6:42 pm

    Perkenalkan saya, Mawai, umur 36 tahun, berusaha di bidang penjualan buku pelajaran sekolah, selama 2 thn ini saya memasarkan buku saya di wilayah indonesia tengah, tepatnya di provinsi NTT, dengan keadaan yg saya dapatkan di pedalaman pulau timor, atapupu, atambua, kefa, soe. Ternyata betapa sulitnya mendapatkan buku pelajaran, baik untuk siswa maupun buku ajar guru, buku saya yang sangat terbatas tidak, atau belum bisa menjawab kebutuhan ini, buku saya beli di solo jateng, terkadang biaya transport yg besar membuat, harga jual terlalu mahal sehingga tidak terjangkau oleh siswa. Sedangkan dana bos buku yang hanya 5% dari pemerintah terkadang untuk membeli buat perpustakaan saja tidak lengkap. Oleh sebab itu, saya berniat, dalam pekerjaan yang mulia ini, kiranya saya bisa mendapatkan bantuan modal, sehingga saya bisa sedikit membantu untuk menjual buku murah, terjangkau, demi sumber daya manusia yang kelak berdaya saing dengan sdra2 nya di pulau jawa, kiranya cukup sekian dan atas respon yang di berikan saya mengucapkan limpah terima kasih. Salam kasih dari saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!