Kesehatan

Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur, Sangat Banyak Manfaatnya

Minum air putih merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Tidak sekedar bermanfaat untuk hilangkan rasa haus, air putih yang kita minum juga dapat menjadi cara alami untuk memelihara kesehatan tubuh, bahkan jadi solusi  untuk mengatasi masalah berat badan.

Membahas tentang kebiasaan minum air putih, kebanyakan orang hanya menganggap minum air putih hanya tepat dilakukan sesaat setelah bangun di pagi hari, atau saat siang hari untuk menghindari dehidrasi.

Yang sangat mengagumkan lagi, besar manfaat minum air putih sebelum tidur secara rutin, sagatlah bagus untuk kesehatan. Mengapa minum air putih sebelum tidur menjadi begitu penting dan bermanfaat?

Berikut Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur :

1. Membantu tubuh membersihkan racun
Saat melakukan aktivitas sehari-hari, terkadang membuat tubuh menyerap racun yang datang dari berbagai sumber, seperti makanan, minuman, bahkan dari udara. Nah, minum air putih sebelum tidur ternyata juga dapat bermanfaat membantu tubuh untuk membersihkan racun-racun tersebut.
2. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi
Tahukah sahabat sekalian, bahwa saat tidur pun seseorang dapat mengalami dehidrasi dikarenakan beberapa keadaan tertentu, keadaan ini pula yang terkadang membuat seseorang terbangun di tengah tidurnya karena merasa haus, sebagai tanda tubuh kekurangan air. Nah, dengan minum air putih sebelum tidur, maka tubuh kita akan tetap terhidrasi dan juga menghindarkan badan terasa lemas saat bangun tidur.
3. Meningkatkan kualitas tidur
Kualitas tidur merupakan hal penting bagi semua orang, karena dapat memengaruhi kinerja tubuh di saat bangun dan beraktivitas nantinya. Nah, ternyata minum air putih sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang, dikarenakan pada saat tidur atau dengan kata lain tubuh tidak melakukan aktivitas fisik, maka air dengan kandungan oksigen yang dibutuhkan dapat menjangkau seluruh bagian tubuh melalui darah dan juga memberi manfaat relaksasi pada otot dan sendi.
4. Membantu mengurangi risiko kram
Kurangnya kadar air di dalam tubuh, juga dapat membawa masalah saat kita tidur, dimana salah satunya adalah kram. Nah, dengan minum air putih sebelum tidur, tentunya dapat menjadi solusi terbaik agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari masalah kram saat seseorang sedang tidur.
5. Membantu menurunkan berat badan
Minum air putih sebelum tidur, ternyata dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Penjelasan sederhana, mengapa hal ini dapat terjadi yaitu dengan minum air putih maka suhu tubuh akan turun, sementara itu di saat tidur sistem di dalam tubuh akan berusaha untuk menjaga tubuh tetap hangat. Akibat dari suhu tubuh yang turun seusai minum air putih, maka tubuh tetap bekerja untuk membakar kalori agar dapat menjaga suhu tubuh, dan tentu saja hal ini dapat membantu mengurangi penimbunan kalori, dan berdampak pada berkurangnya berat badan.
Demikian manfaat minum air putih sebelum tidur, sehat idaman semua, yuk mulai sekarang yang belum terbiasa rutin minum air putih sebelum tidur.
Baca Juga :  Tomat Memang Tepat untuk Kesehatan Sperma

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!