Kelinci

Budidaya Kelinci Potensi Ekspor

Budidaya ternak kelinci dapat diandalkan sebagai ternak penyedia daging yang berkualitas karena tinggi protein, rendah kholesterol dan rendah asam lemak jenuh. Keuntungan yang diperoleh dengan Sistem pemeliharaan intensif mencapai 46% dari biaya produksi dengan harga karkas mencapai Rp.40.000/kg.

Pengolahan daging menjadi produk olahan seperti sosis, nugget, bakso, dendeng, abon, selain mengurangi masalah psikis terhadap daging kelinci juga meningkatkan nilai tambah daging itu sendiri dan dengan menambah omega-3 dan omega-6, dapat dimanfaatkan oleh para penderita artheosc lerosis ataupun penderita obesitas. Mempunyai peluang sebagai usaha pengolahan skala rumah tangga dan peluang ekspor ke mancanegara.

Contoh Produk Dari Kelinci

Kelinci jenis Rex, Satin dan Reza (produksi Balitnak) menghasilkan kulit bull. eksotis yang indah, menarik dan berharga tinggi, berpotensi ekspor (USD 8-18 per lembar) dengan mutu fisik kulit lebih baik. Kulit bulu kelinci Rex halus seperti beludru dan seragam panjangnya, sedangkan untuk satin kulit bulu panjang dan mengki.ap seperti bulu “mink”. Khusus untuk Reza yang merupakan silangan Rex dan Satin, bulunya selain halus juga mengkilap. Kulit bulu kelinci di manfaatkan untuk pembuatan kerajinan interior mobil, boneka, mainan anak-anak, selendang, tas wanita, aksesori rambut, sepatu bayi, topi dan sarung tangan.

Baca Juga :  Bisnis Budidaya Ternak Kelinci Secara Modern Lebih Untung

Untuk pasar luar negri, selain produk di atas juga untuk mantel bulu eksotis. Pasar utama kulit bulu mentah diantaranya Hongkong, Cina, Taiwan dan Korea, sedangkan pasar produk akhir Jepang, Amerika, Eropa dan Timur Tengah. Pangsa pasar produk fur dunia pada tahun 1998 mencapai USD 5 milyar. info industri sejenis 4.950.000 info (google, 2011).

Baca Juga :  Bisnis Budidaya Ternak Kelinci Secara Modern Lebih Untung

 

Melihat terhadap kelinci sebagai ternak hias/pet semakin meningkat. Jenis kelinci hias yang eksklusif mempunyai bentuk dan ukuran tubuh kecil, lucu serta warna bulu indah, tebal dan lembut. Berbagai ketinci hias/pet seperti Netherland Dwarf (ND), Holland Lops, Dutch, Angora, Jersey Woolies,”lions”. Fuzzy, Mini rex dan yang lainnya mempunyai harga yang tinggi.

Baca Juga :  Bisnis Budidaya Ternak Kelinci Secara Modern Lebih Untung

HEWAN PERCOBAAN KELINCI

 

Kelinci khususnya jenis New zeiand white sangat di butuhkan sebagai hewan percobaan di laboratorium. Litter size dan pertumbuhan seragan serta nilai jual tinggi (Rp.65.000.-/kg/berat hidup).

PUPUK ORGANIK KOTORAN KELINCI

Kotoran kelinci mengandung N, P, Ca. K yang tinggi dan diduga memiliki zat perangsang tumbuh. Pupuk padat dan cair yang telah difermentasi sangat bermanfaat untuk pupuk sayuran dan bunga potong.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!