Bisnis

Budidaya Pembesaran Ikan Lele Pola Pembiayaan Usaha Kecil Syariah

Dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank Indonesia memberikan bantuan teknis dalam bentuk pelatihan dan penyediaan informasi. Salah satu informasi yang disediakan oleh Bank Indonesia adalah buku pola pembiayaan. Sampai saat ini, telah tersedia 106 judul komoditi. Buku pola pembiayaan tersebut semua mengunakan sistem konvensional (suku bunga).

Untuk mendukung perkembangan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang makin pesat pada tahun-tahun terakhir ini, Bank Indonesia mengusahakan penyediaan buku pola pembiayaan dengan sistem syariah.

Baca Juga :  Usaha Design Grafis dan Percetakan

Buku pola pembiayaan syariah yang disediakan merupakan konversi dari data dan informasi buku yang sudah diterbitkan, meskipun beberapa sudah dilakukan pembaharuan data, tapi bagi peminat yang ingin memanfaatkannya disarankan untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Dari 106 judul buku pola pembiayaan yang sudah tersedia, sampai dengan tahun 2009 Bank Indonesia telah mengkonversikan ke sistem syariah sebanyak 30 judul buku.

Tahun ini, satu diantara buku pola pembiayaan yang dikonversikan ke sistem syariah adalah usaha budidaya Pembesaran Ikan Lele. Diantara sekian banyak akad pembiayaan syariah, usaha budidaya Pembesaran Ikan Lele tersebut dibiayai dengan akad murabahah (jual beli). Pemilihan akad tersebut mengacu pada karateristik dari komponen yang dibiayai.

Baca Juga :  Kunci Menjadi Wirausaha Sukses

Akad murabahah sesuai untuk pembiayaan komponen fisik seperti pembuatan kolam tembok, pakan/pelet. Keragaman jenis akad tersebut memberi kemudahan baik bagi LKM maupun nasabah untuk menentukan komponen yang perlu untuk dibiayai dengan dana pinjaman syariah. Penyusunan pola pembiayaan dengan sistem syariah ini.

Baca Juga :  Sebab - Sebab Gagalnya Bisnis

Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Indonesia memperoleh bantuan dari banyak pihak, antara lain PT. Bank Syariah Mandiri*) serta berbagai nara sumber korespodensi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!