Perikanan

Cara Modern Ternak Ikan Gurame Cepat Besar Cepat Panen

Potensi budidaya ternak ikan Gurame punya peluang besar untuk dipasarkan, sebab tidak asing lagi bagi masyarakat rasa ikan ini. Ikan Gurame bisa dimasak apa saja, biasanya ditumis, digoreng, dipanggang, masak kecap, dll.

Ikan Gurame mudah diternak dan cepat besar pertumbuhannya bila tahu cara membudidayakannya.

Tips Budidaya Ikan Gurame Cepat Panen:

  • Lokasi Kolam yang luas dan ukuran kolam gurame. Ikan  butuh ekosistem atau lahan untuk hidup yang tidak sesak, sehingga mudah bergerak, semakin banyak gerak pertumbuhan ikan bisa lebih cepat. Hindari cahaya matahari langsung sepaya tidak cepat setres, optimalnya gurame lebih nyaman pada suhu 28-30 celcius. Pakai kolam terpal juga memudahkan peternak.
  • Ukuran benih Gurame dan kondisi sehat. Berat benih ikan gurame 100gram sudah ukuran ideal. Pertumbuhan gurame ketika mencapai 500gram sudah bisa panen. Untuk harga bibit gurame lebih baiknya cari ke agen yang murah, biasanya dipedesaan yang banyak peternak benih ikan.
  • Pakan ternak dan berprotein tinggi. Makanan ikan Gurame. Sangat baik pakan ternak berprotein hewani dan nabati sebagai asupan tiap harinya. Takaran pakan ternak hewani cukuplah 25% atau lebih. Sedang pakan ternak mengandung protein nabati semisal campuran daun tales, daun singkong, daun kangkung. Bagus juga pakan dicampur enzim kompleks 2% saja dari produk pabrikan.
Baca Juga :  Budidaya Padi Gogo, Varietas Padi Unggul

  • Keringkan kolam sebelum tabur benih. Sangat penting menjaga kesehatan ikan gurame dari penyakit ikan, biasanya penyakit jamur yang menempel pada badan gurame, sebab itu keringkan kolam selama 10 hari dan berilah kapur 100-250 permeter persegi, begitu pula peralatan kolam direndam air berkaporit lalu keringkan.
  • Atasi serangan penyakit jamur. Bila terserang penyakit, maka pisahkanlah dan yg perpenyakit kasih air garam 20 mili perliter selama satu jam supaya sembuh dari penyakitnya.
Baca Juga :  Desa Tangkil Kulon Menuju Sentra Agrobisnis Berbasis Lokal

Lain kali kita bahas tentang; budidaya ikan gurame di kolam terpal, cara budidaya ikan gurame agar cepat besar, budidaya ikan gurame di kolam tembok, makanan ikan gurame,  mempercepat pertumbuhan ikan gurame, ukuran kolam ikan gurame, ukuran kolam gurame 1000 ekor, harga bibit ikan gurami.

Baca Juga :  Cara Cepat Ternak Belut Jumbo Hasil Melimpah Untuk Pemula

Demikian Cara Budidaya Ternak Ikan Gurame Modern Cepat Panen, semoga menjadi inspirasi para peternak sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!