Ayam

Cara Sukses Ternak Ayam Potong Pedaging Broiler

Cara Sukses Ternak Ayam Potong Pedaging Broiler

Ayam broiler dikenal juga sebagai ayam pedaging, merupakan ayam ras yang pertumbuhannya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Dengan demikian, tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa segera dipanen oleh peternak.

Ayam potong atau biasa disebut dengan ayam broiler mempunyai market yang stabil dan prospektif. Permintaan ayam potong terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak pengusaha yang sukses berkat ayam potong namun tidak sedikit pula yang mengalami kebangkrutan. Sehingga harus tetap hati-hati dalam memuali bisnis ayam potong pedaging.

Jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Keuntungan beternak ayam jenis ini juga sangat menguntungkan. Dalam waktu 35 hari, hasil sudah bisa terlihat. Bagaimanakah Kiat Sukses Beternak Ayam Potong Pedaging Broiler?

Baca Juga :  Tips Pengembangan Bisnis Ternak Ayam Potong Pedaging Broiler

Percepatan Ayam Potong Pedaging Beoiler

Peternak ayam potong bahkan cukup memeliharanya dalam waktu 5 hingga 7 minggu saja. Dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat dan menguntungkan, maka banyak peternak baru serta peternak musiman yang bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia. Wilayah yang dijadikan tempat berternak ayam satu ini harus dipilih yang agak jauh dari daerah pemukiman.

Baunya yang menyengat bisa mengganggu indera penciuman. Pasti akan menimbulkan banyak protes kalau diternakan di daerah pemukiman. Apalagi setelah ada isu flu burung yang mengancam. Peternakan ayam satu ini menjadi salah satu yang dituding sebagai tempat paling efektif dari penyebaran flu burung.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Ayam Kampung Sangat Menjanjikan dari Banyaknya Permintaan

Belum lagi lalat yang banyak karena selain bau pakan, juga bau ayam dan kotorannya yang sangat mengganggu. Banyak kejadian di beberapa tempat seperti Yogyakarta ketika masyarakat memprotes peternak ayam.Tidak heran kalau akhirnya ternak ayam ini terdapat di persawahan, di dekat sungai, di perkebunan yang jauh dari perumahan.

Peternakan ini memang terlihat agak kurang bersih. Tetapi itulah ciri peternakan yang ada di Indonesia. Bisnis yang menggiurkan ini membuat banyak orang berusaha menjalankannya. Pihak perbankan juga mudah mengucurkan dana pinjaman bagi peternakan ayam satu ini. Panen yang cepat dengan wilayah pemasaran yang cukup luas karena adanya kebutuhan protein hewan yang cukup tinggi, membuat bank merasa ini adalah bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga :  Pedoman Teknis Beternak Ayam Petelur

Dana yang dipinjam biasanya berkisar pada angka 20-an juta rupiah. Keuntungannya bisa cukup tinggi sehingga pinjaman bisa langsung dilunasi. Biasanya yang bisa meminjam dalam jangka pendek ini adalah orang dengan reputasi yang bagus dan ia mempunyai agunan yang bisa dipertanggung-jawabkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!