Kesehatan

Hidup Sehat Mulai Kurangi Gula Penyebab Diabetes

Hidup Sehat Mulai Kurangi Gula Penyebab Diabetes. Manis gula, semanis cinta pada pada manisnya gula. Kadang mengkonsumsi seharian tidak lepas dari rasa manis gula.

Manis adalah rasa yang berasal dari gula, baik itu gula pasir, gula tebu, atau gula merah tergantung makanan/ minuman apa yang kita konsumsi.

Konsumsi gula secara berlebihan justru berdampak buruk pada diri kita, apalagi jenis gula tebu, resiko terkena diabetes semakin tinggi jika terlalu berlebihan mengkonsumsi gula jenis ini.

Manfaat gula, sangatlah baik untuk tubuh karena dapat memberikan asupan energi, terutama sel darah merah dan sistem syaraf kita, gula juga bermanfaat untuk mencegah pemecahan protein untuk digunakan sebagai energi pada kondisi kekurangan asupan karbohidrat.

Dunia kedokteran, dikenal skala untuk menentukan tinggi rendahnya potensi lonjakan gula darah dari karbohidrat suatu pangan yang disebut GI (Glycemic Index) dan GL (Glycemic Load).

adjuvant online breast cancer, advanced breast cancer, articles on breast cancer, best breast cancer hospitals, breakthrough breast cancer breast cancer treatment, Breast Cancer, breast cancer articles, breast cancer australia, breast cancer awareness, breast cancer awareness month, breast cancer campaign, breast cancer causes, breast cancer charities, breast cancer charity, breast cancer cure, breast cancer definition, breast cancer diagnosis, breast cancer facts, breast cancer foundation, breast cancer images, breast cancer in men, Breast Cancer Information, mesothelioma cancer
Baca Juga :  Cuka Sari Apel Putihkan Gigi Secara Alami

GI (Glycemic Index) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

GL (Glycemic Load) adalah sistem peringkat untuk kandungan karbohidrat dalam porsi makanan berdasarkan GI dan ukuran porsi.

Sebagai perbandingan kita, gula pasir memiliki GI 68, glukosa memiliki angka GI 96, fruktosa 22, gula merah 64 dan madu 60.

GI dikatakan rendah jika nilainya kurang dari atau sama dengan 55. Sedangkan bila GI di kisaran 56-69 termasuk dalam kategori sedang. Nah, jika GI di atas atau sama dengan 70 maka bisa dikatakan tinggi.

Baca Juga :  Tahukah Tamu Anda Membawa' 38 Juta Bakteri, Jaga Kebersihan Rumah

Sedangkan untuk GL, GL rendah adalah bila kurang dari atau sama dengan 10, sedang jika angkanya 11-19, dan kategori tinggi bila di atas atau sama dengan 20.

Untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman dikenal juga pemanis tanpa kalori dengan merk bermacam macam, nah GI pada pemanis jenis ini adalah 0. Maka pemanis jenis ini sangat dianjurkan terutama bagi penderita diabetes.

Sedangkan gula tebu adalah jenis gula yang paling berbahaya karena kandungan glukosa dalam senyawa sukrosanya mudah dipecah oleh tubuh.

Sebenarnya air tebu, yang menjadi bahan utama pembuatan gula tebu, mengandung saccharant, yakni senyawa berjenis polisakarida non-pati, yang berkhasiat sebagai antidiabetik. Sayangnya, senyawa polisakarida itu pecah saat proses pemanasan menjadi sukrosa, yang mana bisa menjadi pencetus diabetes.

Baca Juga :  Penyebab Diet Turunkan Berat Badan Tak Sukses

Bahan makanan yang kaya akan karbohidrat jika diproses dengan pemanasan tinggi dan berulang-ulang akan membuat bahan tersebut menjadi partikel yang lebih halus. Partikel ini tentunya akan lebih cepat diserap oleh tubuh dan menjadikan GI-nya lebih tinggi.

Makanan atau minuman dengan angka GI tinggi tentunya memaksa pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin untuk memetabolisme karbohidrat tersebut. Akibatnya tentu saja kerja pankreas akan lebih dipacu.

Karena itu, jika tidak mau membebani kerja pankreas dan berisiko terkena diabetes, jangan mengonsumsi gula secara berlebihan. Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan pemanis atau sweetener yang nol kalori. Mari cegah diabetes!

Mulai sekarang, lindungi keluarga anda berlebihan konsumsi gula sekarang juga, diabetes menyerang kesehatan anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!