Teknologi Agro

Limbah Organik Alternatif Pakan Ternak Bernilai Ekonomi Tinggi

Limbah organik pasar yang umumnya terdapat di pasar-pasar tradisional d terbagi menjadi dua jenis, yaitu limbah sayuran dan limbah buah-buahan.

Macam-macam limbah sayuran yang banyak dijumpai antara lain: kol, kulit jagung, caisim, sawi putih, daun kembang kol, kulit kecambah toge, wortel serta tomat. BPTP Jakarta telah melakukan kajian karakteristik bahan pakan berupa tepung limbah organik pasar dan dilanjutkan pengujian penggunaannya pada ternak unggas dan ruminansia untuk mengetahui efektivitas dan efisiensinya dibandingkan dengan dedak.

Limbah organik pasar yang digunakan merupakan limbah sayuran pasar yang dominan antara lain kol, caisim, daun kembang kol, kulit toge, serta sawi putih. Sedangkan kulit jagung sudah banyak dipergunakan sebagai pakan langsung (tanpa proses pengolahan) oleh beberapa peternak kambing maupun sapi di DKI Jakarta.

Limbah Organik Sawi

Limbah Sawi adalah limbah sawi hijau/caisim dan sawi putih. Sawi memiliki kadar air yang cukup tinggi, mencapai lebih dari 95%, sehingga umumnya sawi cenderung lebih mudah untuk diolah menjadi asinan. Jika akan diolah menjadi silase, terlebih dahulu sawi harus dilayukan/dijemur atau dikeringanginkan untuk mengurangi kadar airnya hingga berkisar antara 60%-70%. Nilai energi dan protein kedua jenis sawi ini setelah ditepungkan hampir sama, berada pada kisaran 3.200-3.400 kcal/kg dan 25-32 g/100 g.

Baca Juga :  Teknologi Sederhana, Kemasan Aktif Pengawet Daging

Limbah Organik Kol

Limbah kol yang didapatkan di pasar, merupakan bagian kol hasil penyiangan. Limbah kol di Pasar Induk Kramat Jati, dapat mencapai 17,2% dari total jumlah kol yang masuk setiap hari. Kol juga termasuk sayuran dengan kadar air tinggi sehingga mudah mengalami pembusukan/ kerusakan. Tepung kol mempunyai nilai energi sekitar 3.461 kcal/kg dan kadar protein sebesar 20,30 g/100 g.

Limbah Organik Kecambah Toge

Kulit kecambah toge pada umumnya menjadi limbah di pasar-pasar tradisional. Belum banyak orang yang memanfaatkan kulit kecambah toge, baru sebagian kecil saja yang memanfaatkannya untuk campuran pakan itik.

Baca Juga :  Polland Gandum Kaya Protein Tinggi Sangat Bagus Untuk Campuran Pakan Ternak

Dari berbagai jenis limbah organik pasar yang digunakan dalam pengkajian tepung limbah organik pasar, kulit toge merupakan limbah yang paling berpotensi untuk dijadikan tepung limbah. Untuk mencapai kadar air 65%-70% hanya membutuhkan penjemuran selama 2 hari. Darihasil analisa, kulit kecambah toge dapat menjadi salah satu pakan sumber energi, dengan kandungan energi 3.737 kcal/ kg dan kadar protein sebesar 14,42 g/100 g.

Limbah Organik Daun Kembang Kol

Daun kembang kol merupakan bagian sayuran yang tidak dimanfaatkan untuk konsumsi manusia.

Meski demikian, hasil analisa tepung limbah kembang kol mempunyai kadar protein yang cukup tinggi, yaitu 25,18 g/100 g dan kandungan energi sebesar 3.523 kcal/kg.

Limbah Organik Jagung

Ada dua macam limbah pasar yang berasal dari jagung, yaitu kulit jagung dan tongkol jagung/janggel. Kulit jagung manis mempunyai kadar gula yang cukup tinggi, sehingga berpotensi untuk dijadikan silase. Sedangkan tongkol jagung/janggel merupakan bagian dari buah jagung setelah bijinya dipipil. Namun, limbah jagung pada umumnya mempunyai kelemahan yaitu kadar protein yang cenderung rendah serta serat kasar yang cenderung tinggi. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, limbah jagung sebaiknya diolah menjadi silase.

Baca Juga :  Prospek Pengembangan Sistem Agribisnis Di Indonesia

Analisa proksimat dilakukan pada beberapa jenis tepung limbah organik pasar untuk mengetahui kandungan zat-zat makanannya. Berikut adalah hasil analisa proksimat dari caisim, kol, sawi putih, kulit kecambah toge, daun kembang kol dan kulit jagung./litbangtani

tag: limbah buah buahan, limbah organik, limbah organik buah, limbah organik di pasar buah, limbah pasar, limbah sayur, limbah sayur organik, mengolah limbah organik, mesin limbah organik, pengolahan limbah organik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!