Pertanian

Manfaat Pepaya, Obat Tradisional Indonesia

      Begitu banyak manfaat setra kandungan  vitamin tersimpan dalam buah pepaya, Buah pepaya sangat berperan  penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenal manfaat pepaya bagi kesehatan dan obat tradisional indonesia.

      Buah masak yang populer sebagai “buah meja”, selain untuk pencuci mulut juga sebagai pensuplai nutrisi/gizi terutama vitamin A & C. Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya Buah pepaya masak yang mudah rusak perlu diolah dijadikan makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. dlm industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna & kadar vitamin.

      Baca Juga :  Budidaya Pohon Balsa dan Prospek Bisnis yang Menjanjikan

      Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut dan sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap dan untuk menambah nafsu makan, serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri & untuk menyusun ransum ayam. Dalam industri makanan, akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal & kandung kencing.

      Batang buah muda dan daunnya mengandung getah putih yang berisikan enzim pemecah protein yang disebut “papaine” sehingga dapat melunakan daging untuk bahan kosmetik & digunakan pada industri minuman (penjernih), industri farmasi dan textil.

      Baca Juga :  Budidaya Bawang Putih

      Bunga pepaya yg berwarna putih dapat dirangkai & digunakan sebagai “bunga kalung” pengganti bunga melati atau sering dibuat urap. Batangnya dapat dijadikan pencampur makanan ternak melalui proses pengirisan dan pengeringanu.

      Buah Pepaya bisa melancarkan sembelit, hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan.

      Baca Juga :  Cara Budidaya Jahe Cepat Panen Kualitas Ekspor

      Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil..  (Agropedia Indosesia)

       

      Click to comment

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Terpopuler

      To Top
      error: Content is protected !!