Ekonomi

Menghidupkan Kembali 1.000 Lubang Karamba Jaring Apung

Bandar Lampung – Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan program pengisian budidaya karamba jaring apung (KJA) rakyat yang mangkrak sebagai salah satu program prioritas 2017 .

Program prioritas itu bertujuan untuk memastikan sarana budidaya keramba jaring apung (KJA) yang ada di masyarakat berfungsi optimal dan memberikan benefit yang maksimal bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, di hadapan ratusan penerima bantuan program pengisian KJA rakyat saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Selasa (05/09).

Sebagai bentuk komitmen akan hal tersebut, tahun ini program pengisian KJA rakyat ditargetkan menjangkau 250 unit (1.000 lubang), dimana diharapkan akan mampu menghasilkan produksi ikan lebih dari 218 ton/tahun dengan nilai produksi sebesar ± Rp. 17,51 milyar.

Disamping itu program ini juga diharapkan mampu menyerap tenaga kerja hingga 817 orang per tahun, dengan kisaran pendapatan kotor yang mampu diraup kelompok pembudidaya mencapai Rp. 80 – 182 juta/tahun.

Baca Juga :  Susi Pudjiastuti, tangkap kapal Taiwan Thailand
adjuvant online breast cancer, advanced breast cancer, articles on breast cancer, best breast cancer hospitals, breakthrough breast cancer breast cancer treatment, Breast Cancer, breast cancer articles, breast cancer australia, breast cancer awareness, breast cancer awareness month, breast cancer campaign, breast cancer causes, breast cancer charities, breast cancer charity, breast cancer cure, breast cancer definition, breast cancer diagnosis, breast cancer facts, breast cancer foundation, breast cancer images, breast cancer in men, Breast Cancer Information, mesothelioma cancer

“Potensi ekonomi yang dapat dicapai dari optimalisasi KJA rakyat ini sangat besar, jika 80 persennya saja KJA bantuan dari berbagai instansi tersebut dapat kita manfaatkan, maka setidaknya produksi ikan yang dapat kita peroleh sebesar 2.718 ton/tahun dan nilai ekonomi yang dapat diraup mampu mencapai Rp. 218,3 milyar per tahun, saya rasa ini nilai yang sangat fantastis” rinci Slamet.

Sebagai bagian dari realisasi program pengisian KJA rakyat, KKP melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung menyerahkan bantuan berupa 170.000 ekor benih ikan kakap, kerapu dan bawal bintang untuk 85 unit atau 340 lubang KJA yang tersebar di berbagai daerah di provinsi Lampung, yaitu di Kabupaten Pesawaran 69 unit dan Lampung Selatan 16 unit. Sedangkan untuk KJA yang tersebar di Kepulauan Seribu Jakarta sebanyak 40 unit atau 160 lubang dengan jumlah benih ikan yang diserahkan sebanyak 80.000 ekor.

Baca Juga :  Negara Mana Disebut Terkaya di Dunia

Untuk mendukung program tersebut, KKP juga memberikan bantuan pakan yaitu sebanyak 108 ton di Kabupaten Pesawaran, 23 ton di Kabupaten Lampung Selatan dan 64 ton untuk mendukung program di Kepuluan Seribu DKI Jakarta.

“Kesejahteraan pembudidaya ikan merupakan konsen kami, oleh sebab itu KKP terus berupaya memastikan agar berbagai sumberdaya yang ada, termasuk sarana prasarana budidaya seperti KJA tidak mangkrak dan berfungsi secara optimal dan bermanfaat nyata bagi masyarakat,” ungkap Slamet.

Slamet menambahkan bahwa KJA yang terdistribusi saat ini banyak berasal dari lintas kementerian. Total bantuan KJA hingga tahun lalu sebanyak 15.583 lubang termasuk dari kementerian atau instansi terkait termasuk pemerintah daerah (pemda), dari jumlah tersebut bantuan KJA dari DJPB sebanyak 7.316 lubang (47,7%).

Baca Juga :  Jawaban Rachmat Gobel, Kenaikan Harga Cabai

Dia menekankan kementerian maupun pemda terkait dalam memberikan dan mendampingi bantuan KJA selayaknya berkoordinasi dengan KKP sebagai kementerian teknis yang membidangi masalah perikanan budidaya, sehingga masalah inefisiensi dapat diatasi dengan baik.

Sebagaimana diketahui, pasca terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 32 Tahun 2016 tentang perubahan atas Permen KP Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Kapal Pengangkut Ikan Hidup, atmosfer usaha perikanan budidaya laut dengan komoditas seperti kerapu kembali normal dan makin membaik, sehingga KKP berkomitmen untuk terus mendorong dan meningkatkan usaha di sektor ini. ist/trobos/meilaka

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!