Ayam

Peluang Usaha dan Cara Ternak Ayam Pejantan Layer

Ternak Ayam Pejantan Layer adalah peluang  bisnis yang menjanjikan seperti halnya usaha ternak pedaging lainnya. Ayam pejantan layer pedaging adalah ayam pejantan dari Ayam Petelur yang dibentuk  dijadikan ayam pedaging. Ternak ayam pejantan punya prospek yang menguntungkan karena cara peliharanya tidak sesulit ayam broiler atau ayam petelur. Ternak ayam pejantan ibaratnya sama seperti ternak ayam kampung asli umumnya atau  Ayam Kampung Super dan yang membedakan hanyalah jenis.

Bedanya kalau ayam pejantan dari ras pedaging dan ayam kampung super merupakan ayam persilangan dari ayam jawa. Pemeliharaan ayam pejantan ini membutuhkan waktu lama, karena masa usia panen  lebih lama dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam broiler usia 30 hari sudah bisa di panen sedangkan untuk ayam pejantan ini usia panen 60 – 70 hari.

Baca Juga :  Cara Sukses Ternak Ayam Potong Pedaging Broiler

Harga jual Ayam Pejantan

Harga jual Ayam Pejantan lebih tinggi dibandingkan Ayam Broiler karena tekstur daging ayam pejantan ini sama seperti ayam kampung. Permintaan daging ayam kampung yang semakin meningkat dan tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar maka ayam pejantan ini menjadi pengganti ayam kampung untuk memenuhi kebutuhan pasar, sedangkan untuk ayam kampung asli akan memakan waktu panen lebih lama dibandingkan ayam pejantan makanya ternak ayam pejantan menjadi alternatif lain untuk pengganti ayam kampung asli yang memerlukan waktu panen lebih cepat.

Jenis Doc Pejantan

  • Doc Sierad / As
  • Doc CP
  • Doc Missouri
  • Doc Malindo
  • Doc Big Top
  • Doc Wonokoyo
  • Doc MB
  • Doc Inti Prima
  • Doc Cakra
  • DLL
Baca Juga :  Mengelola Bisnis Ternak Ayam Petelur dengan Cara Modern 1

Ternak Ayam Pejantan

 Ternak Ayam Pejantan ini tidaklah membutuhkan dana yang besar dan harus mahal, ternaknya bisa dimulai dari sedikit hingga banyak dari sambilan hingga menjadi profesi. Analisa ternak ayam pejantan sama seperti ternak ayam kampung super dari segi kandang, pakan dan peralatan yang membedakan hanyalah dari segi harga bibit atau doc dan dari segi jual panenan.

Pemeliharaan Ayam Pejantan

Pemeliharaan ayam pejantan atau kampung super lebih mudah karena jenis ayam ini lebih tahan terhadap suhu lingkungan dan kondisi lingkungan dibandingkan dengan ternak ayam broiler atau petelur yang membutuhkan tenaga ekstra dan sangat rentan terhadap lingkungan yang tidak seimbang.

Usaha ternak ayam pejantan bisa di lakukan di lingkungan rumah tanpa harus ditempat yang sepi dan jauh seperti ayam broiler dan jika populasi ternak ayam pejantan sudah banyak maka dianjurkan untuk diluar lingkungan rumah demi kenyamanan lingkungan.

Baca Juga :  Usaha Agribisnis Ayam Ras Pedaging Broiler Begitu Menguntungkan
Cara mulai usaha peternakan ayam pejantan dapat dimulai dari 100 ekor atau lebih dan pada prinsipnya ternak dengan jumlah populasi yang sedikit itu sama saja dengan populasi diatas 100 misal 500 karena tenaga operasional yang di butuhkan sama tetapi untuk pemula dan untuk belajar berwirausaha sendiri lebih banyak mendapatkan pengalaman.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!