Bisnis

Privat Label Brand Semakin Berkembang

Privat Label Brand semakin berkembang. Ada tiga faktor utama pemicu semakin berkembangnya PLB (Privat Label Brand).

Pertama, semakin berkembangnya pasar modern di Indonesia khususnya hypermarket dan minimarket. Dalam 5 tahun terakhir, jumlah outlet pasar modern rata-rata berkembang sekitar 30% .

Merajalelanya pasar modern mengakibatkan peningkatan bargaining power pengecer yang akhirnya akan membuat merek pengecer semakin dikenal dan dipercaya oleh pelanggan. Tingkat accessibility, familiarity dan trust dari pelanggan memberikan peluang bagi pengecer untuk menawarkan berbagai produk kompetitif.
Bahkan Carrefour menciptakan organisasi baru yang diberi nama Direction de la Marque yang fungsi utamanya adalah mengelola dan mengembangkan merek yang dimiliki Carrefour. Pengembangan organisasi baru ini sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan untuk menghasilkan unit bisnis yang memiliki otonomi tersendiri.
Unit bisnis Carrefour yaitu Hypermarket, Supermarkets, Cash & Carry Discount akan menjadi unit bisnis otonomi yang akan mengembangkan strateginya sendiri. Kondisi ini tentu memberikan peluang semakin berkembangnya private label brand (PLB).
Kedua, PLB juga dipicu oleh munculnya Super Save Shoppers (SSS) yaitu segmen pelanggan yang semakin sadar harga dan kualitas. 10 tahun yang lalu, para pemasar bisa “menggertak” pelanggan dengan pilihan kualitas ATAU harga. Sekarang ini, pelanggan meminta kedua-duanya, produk berkualitas DAN harga semurah mungkin.

Baca Juga :  Sebab - Sebab Gagalnya Bisnis

PLB bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berhadapan dengan tekanan ekonomi yang semakin tinggi sehingga membutuhkan produk dengan harga yang lebih terjangkau tetapi dapat dipercaya.

Ketiga, PLB juga dipicu oleh perang sesama merek nasional/manufaktur yang mengarah pada perang harga. Kondisi ini akhirnya membuat pelanggan sadar bahwa merek bagus ternyata bisa dijual dengan harga murah. Kalau begitu, merek dengan harga murah belum tentu jelek kualitasnya. Disinilah PLB semakin memegang peranan.

Baca Juga :  UKM : Ritel Modern Diminta Siapkan Space untuk UKM
adjuvant online breast cancer, advanced breast cancer, articles on breast cancer, best breast cancer hospitals, breakthrough breast cancer breast cancer treatment, Breast Cancer, breast cancer articles, breast cancer australia, breast cancer awareness, breast cancer awareness month, breast cancer campaign, breast cancer causes, breast cancer charities, breast cancer charity, breast cancer cure, breast cancer definition, breast cancer diagnosis, breast cancer facts, breast cancer foundation, breast cancer images, breast cancer in men, Breast Cancer Information, mesothelioma cancer
Baca Juga :  Resep Nusantara Udang Asam Manis dengan Salut Wijen
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!