Kesehatan

Awas Berbagai Penyakit Kala Musim Hujan

Awas Berbagai Penyakit Kala Musim Hujan. Menyambut, Kota Surabaya sudah sering diguyur hujan deras. Sadar atau tidak, musim penghujam ini memiliki dampak bagi kesehatan masyarakat. Apalagi jikadisertai banjir maka akan membuat sumber air bersih tercemar dan membuat banyak kuman dari air-air

Selain menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, berbagai macam Penyakit Kala Musim Hujan sering muncul kala musim hujan tiba. Menurut spesialis penyakit dalam RSAH Undaan Wetan dr Utama Budiutama SpPd mengatakan beberapa jenis penyakit yang harus diwaspadai saat dan setelah banjir di antaranya:

1. Diare
Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering muncul saat musim penghujan, terlebih setelah terjadi banjir.
Penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan air bersih

Kondisi di musim hujan seperti di atas bisa menjadi salah satu penyumbang turunnya kondisi tubuh dan menyebabkan mudahnya terserang penyakit. tercemarnya sumber air minum pasca banjir. “Untuk menghindari diare bisa dengan cara membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan juga setelah buang hajat,” kata dokter akrab disapa dokter Budi ini. Cara lain yakni dengan merebus air dan mencuci segala makanan yang akan dikonsumsi.

2. Infeksi saluran pernapasa akut (ISPA ) Bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya adalah penyebab dari terjadinya ISPA. Gejala utama dari penyakit ISPA ringan bisa berupa batuk dan demam Sementara jika penyakit ISPA sudah terlanjur kategori berat, maka bisa dan bahkan mungkin juga disertai dengan sesak napas, nyeri dada, dan lainnya. Untuk penanganan terhadap penyakit ISPA, bisa dengan cara mengistirahatkan tubuh serta melakukan pengobatan simtomatis sesuai dengan gejala yang timbul, melakukan pengobatan kausal untuk mengatasi penyebab, dan meningkatkan daya imunitas
tubuh. Yang penting juga dilakukan adalah mencegah penularan penyakit terhadap sekitar misalnya dengan menggunakan penutup mulut dan tidak sembarangan meludah.

3. Penyakit kulit
Penyakit kulit, semisal gatalgatal adalah penyakit yang sering menyerang korban banjir. Hal ini diakibatkan karena kurang terjaganya kebersihan tubuh dan juga lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh dengan mandi menggunakan sabun dan air yang bersih bisamenjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai ancaman  penyakit kulit.

4. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini lebih sering menyerang masyarakat ketika musim hujan atau pun setelah banjir. Pasalnya, ketika musim hujan semakin banyak genangan air di sekitar yang tertampung di sampah seperti ban bekas, kaleng bekas. Air-air yang tertampung tersebut selanjutnya menjadi lokasi berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti. Karena itu, untuk mencegah serangan penyakit demam berdarah, menjaga kebersihan lingkungan bisa menjadi solusinya. “Salah satunya adalah dengan menerapkan 3M yaitu mengubur, menguras, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat,” jelasnya.

 

Selain empat penyakit yang sudah disebutkan di atas, leptospirosis dan demam tifoid juga bisa menyerang masyarakat kala musim penghujan. Dua penyakit yang harus diwaspadai ini akan dijelaskan pada materi selanjutnya. (*/het/bersambung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

close

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!