Bumbu Kunyit Ternyata Mampu Memicu Perbaikan Sel-sel Otak

Harumnya racikan bumbu kari disukai banyak orang. Kunyit dan sejumlah rempah yang ada di dalamnya terbukti mampu memulihkan sel-sel otak yang mengalami gangguan.

Penemuan ini ditulis dalam jurnal Stem Cell Research and Theraphy, Menurut penelitian di Jerman zat yang ada dalam kunyit bisa memicu pertumbuhan sel otak untuk memperbaiki diri.

Penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi mencari formula obat untuk mengobati akibat stroke dan Alzheimer.

Sedangkan riset dari Institute of Neuroscience and Medicine in Julich di Jerman ini berfokus pada zat aromatic turmerone yang ada dalam kunyit. Tikus percobaan disuntik zat ini kemudian dipindai otaknya.

Dalam percobaan yang lain peneliti merendam rodent neural stem cells (NSCs) dengan konsentrat ekstrak kunyit yang berbeda. Ternyata NCSs mampu bertransformasi menjadi beragam tipe sel otak. Ini menandakan kemampuan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak atau karena penyakit.

Riset ini menemukan makin tinggi konsentrat aromatic-turmerone makin besa pertumbuhan NCSs. Namun, Dr Maria Adele Rueger sebagai tim riset menyatakan bahwa untuk manusia kemampuan pemulihan sel otak tak seefektif pada ikan atau binatang kecil.

‘Hal yang menarik, hasil riset ini bisa mendorong kemampuan sel induk dengan aromatic turmeone, Juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak karena penyakit atau hal lain,’ demikia tutur Dr. Rueger seperti dikutip dari BBC (26/09)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!