Walet

Cara Atasi Hama dan Penyakit Burung Walet

Cara Atasi dan mencegah Hama dan Penyakit Burung Walet

1) Hama Tikus
Hama tikus ini suka memakan telur walet, anak walet sampai sarangnya juga dimakan. Tikus membuat suara gaduh dalam rumah walet.

Kotoran dan air kencing tikus bisa jadi penyebab suhu yang tidak enak.

Cara mencegah tikus yakni dengan cara menutup semua lubang, jangan menimbun barang-barang dan kayu-kayu yang akan digunakan untuk sarang tikus.

2) Hama Semut Api
Semut api dan semut gatal jadi hama yang kebiasaannya makan anak walet dan mengganggu burung walet bertelur. Cara membasminya dengan cara memberi garis kapur ajaib atau racun serangga.

3) Hama Kecoa
Hewan ini makan anak burung sehingga tubuhnya cacat, kecil dan tidak sempurna. Cara membasminya dengan cara menyemprot insektisida, menjaga kebersihan dan buanglah barang yang tidak diperlukan dibuang supaya tidak menjadi tempat persembunyian hama kecoa.

4) Hama Cicak dan Tokek
Cicak dan tokek biasanya suka makam telur dan sarang walet. Tokek juga makan anak burung walet. Kotorannya bisa mencemari ruangan rumah walet dan suhu menjadi mengganggu habitat burung walet.

Segera usir dan tangkap,  penanganannya dengan cara membuat saluran air di sekitar pagar sebagai penghalang, tembok bagian luar dibuat licin dan dicat kemudian lubang-lubang yang tidak digunakan ditutup.

Demikian dulu dari kami,  Cara Mencegah Hama Walet bisa anda terapkan.  Semoga Sukses.

Terpopuler

close

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!