Ayam

Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan

Cara Bisnis Ternak Ayam Potong dan Menguntungkan merupakan usaha yang menjanjikan di bidang peternakan. Ternak ayam potong yang dibudidayakan adalah jenis ayam Broiler. Jmlah perternak ayam potong meningkat signifikan setiap tahunnya untuk menghadapi bulan puasa dan hari rayasampai menembus harga Rp. 50.000,-/kg, sehingga dapat dihitung keuntungannnya kalau biaya produksi berkisar harga Rp 10.000 – Rp 15.000/ kg.
Ilmu dan skill beternak aayam potong haruslah dipelajari terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian, sebab kematian ayam potong lebih tinggi dibanding ternak ayam petelur. Oleh sebab itu harus menggeluti lebih serius dunia ternak ayam potong.

Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan

Langkah yang perlu dicoba adalah:
  • Buatlah kandang ayam potong ideal untuk menyesuaikan pencahayaan matahari masuk dan kebutuhan angin ayam potong. Serta juga harus juga dijaga suhu runagan ayam agar selalu tetap hangat, suhu berperan penting agar ayam potong dapat bertahan hidup.
  • Permudah fasilitas sumberdaya listrik dan sumber airnya.
  • Siapkan kandang yang cukup besar dan siap untuk digunakan maka pasang peralatan untuk menyambut DOC ayam potong, yang utama seperti penghangat, sekat dan litter. Siapkan juga peralatan makan dan minumnya.
  • Selama 14 hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena masa ini sangat penting untuk kesuksesan usaha anda. Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini, jika anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas.
  • Jangan lewatkan  vaksinasi pada ayam potong tersebut tepat pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21.
  • Dalam waktu 14 hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, hal ini terus dilakukan hingga masa panen tiba.
  • Berikan antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen. Khusus vitamin dapat diberi hingga masa panen.

Hitungan Modal  Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan

MODAL TETAP AYAM POTONG
5 Buah kandang ayam ukuran 3 x 3 m
10 buah tempat minum ayam
10 buah tempat makan ayam
4 buah lampu penerang
Total Biaya Tetap

MODAL TIDAK TETAP AYAM POTONG
200 ekor bibit anak ayam
5 karung kosentrat (BR)
Obat-obatan
Biaya Listrik
Total Biaya Tidak Tetap

TOTAL MODAL

Rp.     300.000,-
Rp.       60.000,-
Rp.       40.000,-
Rp.       20.000,-

Rp.     100.000,-
Rp.     625.000,-
Rp.     100.000,-
Rp.       25.000,-

Rp.       420.000,-

Rp.      850.000,-

Rp.   1.270.000,-

Demikian artikel singkat tentang  Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan yang dalam kami sajikan untuk anda. Semoga manfaat
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!