close
Pertanian

Cara Budidaya Menanam Semangka Tanpa Biji dan Cepat Panen Menguntungkan

Semangka tanpa biji banyak dilirik petani, sebab rasanya manis enak dimakan, apalagi tanpa biji sehingga banyak dibeli dan cepat laris.

SEMANGKA (Tanpa Biji Sistem Tirus), nama ilmiyahnya Sacharum officinarum.

Semangka manis tanpa biji

Pengolahan Tanah

  • Tanah diolah dengan bajak atau cangkul 30 hari sebelum tanam, dibuat bedengan lebar 1.2 m, tinggi 20 cm, panjang sesuai dengan lahan, jarak antar bedengan 40 cm. Pupuk Petroganik diberikan dengan cara dicampur dengan tanah bagian atas bedengan sebanyak 2 ton/ha.
  • Pupuk dasar (seperti pada tabel) diberikan dengan cara disebar pada permukaan bedengan dan diaduk rata serta diberi Petrofur-3G/Sidafur-3G 17 kg/ha.
  • Gulungan ditutup mulsa plastic hitam perak (MPHP), selanjutnya dibuat lubang tanam diameter 10 cm, jarak antar lubang tanam 60 cm, antar baris 80 cm, dan lubang penyiraman pada titik diagonal antara 4 lubang tanam.
  • Pemasangan ajir bambu setinggi 2 m dengan posisi semivertikal menyilang di bagian atas. Pada masing-masing persilangan dan sisi-sisi ajir pada ketinggian 0.8 cm dihubungkan dengan gelagar, pada kedua gelagar dihubungkan lagi dnegan bilah bamboo sebagai para-para yang akan digunakan sebagai alas buah semangka.

Pembibitan & Penanaman Semangka Tanpa Biji

  • Untuk menanam semangka tanpa biji harus dilakukan perkawinan antar semangka yang berbiji dan semangka yang tidak berbiji, untuk itu pembibitan dilakukan bersamaan antara semangka tanpa biji dan semangka berbiji.
  • Media pembibitan terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang (3:1). Tiap m3 media ditambah 1 kg PHONSKA dan 0.5 kg Petrofur-3G/Sidafur-3G. Selanjutnya media dimasukkan dalam pottray tempat pembibitan semacam pot kecil).
  • Benih yang telah diperam 24 jam, ditanam pada media dan ditempatkan pada sungkup plastik dan pencahayaannya diatur, setelah 5 hari dikenakan sinar matahari pagi.
  • Bibt umur 12-14 hari siap untuk dipindahkan ke lapangan (keluar 2 daun).
  • Tanaman seawal mungkin dirambatkan dan diikatkan pada ajir, tunas dipangkas dan hanya disisakan 2 tunas yang nantinya akan dibuahkan.
  • Penyerbukan dilakukan dengan mengambil bunga jantan dari tanaman semangka berbiji dan dikawinkan dengan bunga betina dari semangka tanpa biji.
  • Pada saat buah mencapai diameter 10 cm dilakukan seleksi buah dan dipertahankan 1 buah terbaik per tanaman.

 

Pemupukan Semangka Tanpa Biji

  • Pemberian pupuk dilakukan secara bertahap. Takaran pupuk yang diberikan 1.200 kg PHONSKA, 200 kg ZK per ha. Cara dan waktu penggunaan pupuk pada tabel.
  • Penyiraman tanaman dilakukan 2-3 kali per minggu bila tidak ada hujan. Dua minggu menjelang panen penyiramana cukup 1 minggu sekali.

 

Jenis, Waktu, dan Takaran Pupuk

Jenis Pupuk Takaran (kg/ha) Takaran & Waktu Pemupukan
Dasar

0 HST

Susulan

1-8 MST

Petroganik 2.000 2.000
PHONSKA 1.200 400 800
ZK 200 200

Catatan :

Pupuk PHONSKA untuk susulan diberikan 8 kali, 1 minggu 1 kali, mulai umur 1 MST, dengan cara dilarutkan dalam air, takaran per tanaman untuk umur :

  • 1-2 MST = 2.5 – 3 g/250 ml air ̴ 100-120 g/10 lt air/40 tan
  • 3-8 MST = 3.5 – 4.5 g/250 ml air ̴ 140-180 g/10 lt air/40 tan

Pupuk ZK diberikan 2 kali, mulai umur 6 dan 7 MST, dengan cara dilarutkan.

 

Hama & Penyakit

  • Hama yang sering menyerang tanaman semangka adalah :

Kutu daun (Aphis sp.), lalat buah (Dacus cucurbitacea), trip (Trips papirvinus), tungau (Tetranycus sp.), oteng-oteng (Aulacophora sp.)

  • Sedang penyakit yang sering menyerang adalah :

Layu fusarium, penyakit rebah semai damping off (Phythium sp. / Rhizoctonia sp.), busuk daun (Pseudoperonospora sp.), antraknose (Celletotrichum sp.)

 

Panen Semangka Tanpa Biji

  • Semangka sudah dapat dipanen umur 75 – 80 HST.
  • Cara memanen sebaiknya dengan mengikuti tangkai buah.
  • Buah yang dipetik sebaiknya tidak ditumpuk, dan selanjutnya diletakkan pada tempat kering, sejuk, dan berventilasi baik. Perlakuan berikutnya adalah sortasi, grading, pelabelan, dan pengemasan.

Demikian dulu Cara Budidaya Menanam Semangka Tanpa Biji dan Cepat Panen Menguntungkan. Semoga bermanfaat, lain waktu kita bahas tentang cara menanam semangka di halaman rumah dan cara menanam semangka di musim hujan. Salam sukses

Tag:

mesin pertanian, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, jual bibit tanaman, broiler chicken, Broiler Poultry, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, kunci sukses ternak ayam broiler, ayam broiler, broiler doc
mesin alat pertanian modern, alat penetasan telur, pakan ternak broiler, mesin perkebunan, bibit tanaman, benih, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, ayam broiler, broiler doc, agro bank, idx agro, agro saham, BRI agro, fattening beef cattle, beef cattle, mesin pembuat pakan ternak sapi

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!