close
Pertanian

Cara Membuat Urea Cair Organik Untuk Mengatasi Kekurangan Ketersediaan Pupuk Kimia

Petani profesional harus tau cara membuat Pupuk Urea Cair Organik untuk mengatasi kekurangan ketersediaan Pupuk Kimia. Mengajak petani beralih ke organik sangatlah susah, dengan alasan tidak mau repot dan tidak yakin dengan bahan-bahan organik dan yang lebih parah hanya mau memakai gratis tidak mau diajarkan tidak mau mencari bahan.

Mari kita manfaatkan metode sederhana agar dapat mencari solusi penganti PUPUK UREA KIMIA. Kita bisa menyakinkan beralih ke organik para saudara petani yang ada di Indonesia.

Bahan mudah didapat di lahan , perkarangan, kandang dan di pasar. Petani atau siapa saja bisa membuat. Kalau ada yang gratis mengapa beli, kalau ada yg sehat kenapa pilih yg membuat sakit.

PUPUK UREA CAIR ORGANIK ini setara dengan pupuk kimia 2 karung dengan Formula UREA CAIR sebanding PUPUK kimia 46-0-0 . Secara signifikan mengurangi biaya produksi . PUPUK cair ini adalah NUTRISI Utama pada tahap awal budidaya, guna mempercepat pertumbuhan tanaman dengan cepat dan ” Memiliki batang panjang, daun lebar, daun berwarna Hijau Tua

Bahan bahan yg diperlukan :

  • 1 kg Kacang hijau atau kacang kedelai ( rendam dengan air 4-5 jam ).
  • 2 kg Nanas atau 2 buah  nanas . Dicacah atau di giling halus besera kulitnya .
  • 1 kg beras ketan direndam dengan air 4-5 jam
  • 2 kg gula merah / molase yg sudah dicairkan.
  • 10 ltr Air kelapa atau air sumur / Air Hujan salah satu aja Yg kita pakai.
  • 1 liter mikroba pucuk pisang ( dibuat sendiri )

Cara Membuatnya :

~ Rendam kacang hijau/ kedelai selama 4-5 jam setelah itu tiriskan.
~ Rendam ketan / beras selama 4-5 jam dan tiriskan.

Setelah diteruskan kacang hijau dan beras ketan digiling halus kemudian masukan kedalam wadah atau ember.

mesin pertanian, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, jual bibit tanaman, broiler chicken, Broiler Poultry, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, kunci sukses ternak ayam broiler, ayam broiler, broiler doc

~ Setelah itu tambahkan nenas yg dicacah atau yg sudah digiling masukan kedalam wadah atau ember.
~ Tambahkan 2 kg gula merah / molase yg sudah dicairkan. Salam ember.
~ Tambahkan 1 liter Mikroba pucuk pisang
~ Terakhir tambahkan 10 liter air kelapa / air sumur atau air hujan kedalam ember.

Kemudian diaduk dengan memengunakan kayu atau bambu agar tercampur rata . Kemudian tutup wadah dan di fermentasi selama 14 hari. Setelah selesai masa fermentasi maka kita saring pisahkan dari ampas airnya kita simpan dalam wadah diregen atau ber yg ada tutupnya.

Kandungan dari bahan diatas :

~ Kacang hijau / kedelai mengandung Nitrogen setelah diproses dalam fermentasi memiliki Asrama Amino menjadikan protein yg baik bagi tanah dan Tanaman.
~ Beras ketan mengandung vitamin B Baik buat kesehatan tanaman menambah tanaman agar tidak mudah kedatangan penyakit .
~ Nenas bertindak sebagai Enzim untuk membentuk dan memecahkan protein dan menghasilkan Asam Amino dalam air UREA organik.
~ Gula merah atau molase membentuk proses fermentasi lebih lengkap.
~ Mikroba pucuk pisang adalah bahan baku untuk fermentasi kacang hijau atau kedelai memperluas Mikro Organisme menjadi UREA cair organik .

Cara Pengunaan dan Dosis

~ 2 sendok makan UREA cair organik : 20 ltr air sumur ( air hujan ) digunakan untuk penyemprot di tanaman
Baik untuk tanaman padi di sawah atau pun tanaman sayuran atau holtikultura.
~ 5 sendok makan UREA cair : 20 ltr air sumur agar menambahkan Nitrogen ke tanah , agar Tanaman bisa mengambil nutrisi melalui akar yg memberikan asupan ke batang tanaman.

Penggunaan pupuk urea cair organik ini dosisnya sangat tinggi jangan sampai dalam pemakaian over dosis, sebab akan mengakibatkan daun tanaman menguning  dan bisa mengakibatkan kematian. Selamat mencoba (Windanto Win)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

mesin pertanian, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, jual bibit tanaman, broiler chicken, Broiler Poultry, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, kunci sukses ternak ayam broiler, ayam broiler, broiler doc
mesin alat pertanian modern, alat penetasan telur, pakan ternak broiler, mesin perkebunan, bibit tanaman, benih, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, ayam broiler, broiler doc, agro bank, idx agro, agro saham, BRI agro, fattening beef cattle, beef cattle, mesin pembuat pakan ternak sapi

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!