Cara Mudah Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik dan Tanaman Cepat Subur

Tanaman Hidroponik sudah banyak dikenal masyarakat, cara sederhana Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik dan Tanaman Cepat Subur perlu adanya sedikit pengetahuan tentang agrobisnis. Salah satunya memanfaatkan botol minuman bekas,  lebih bagusnya yang berukuran besar 2 liter atau 1,5 liter. Ini meminimalisir pengeluaran membeli pot atau paralon sebagai media yg harganya lumayan mahal.

 

Hidroponik Tidak perlu Menyiram Tiap Hari

Untuk mendukung Go Green dan kesegaran alam disekitar rumah kita, alangkah baiknya membuat hidroponik dari pot yang tidak perlu harus disiram rutin setiap hari.

Kali ini kita praktek menyulap botol minum bekas dibikin menjadi pot tanaman Hydroponik .

 

Dengan system kapiler dan Absorbsi, ini bisa menjadikan tanah dan tanaman terhidrasi secara otomatis setiap waktu.

Dengan cara begitu anda tidak perlu meyiramnya setiap saat.

Berikut ini adalah bahan yang di perlu disiapkan :

  1. Botol minuman / air mineral bekas ukuran 2 liter atau 1,5 liter.
  2. Paku atau alat untuk melubangi botol.
  3. Gergaji atau Pisau untuk potong botol.

 

Cara Sederhana membuat sendiri Pot hidroponik dan system kerjanya :

  1. Gunakanlan gergaji atau pisau  dan Potong botol plastik pada bagian tengah agak keatas sedikit.

Bagian botol bawah difungsikan sebagai wadah penampungan air, sedang bagian atas/leher botol dan tutupnya nanti dibalik – dipakai untuk wadah tanah dan akar tanaman.

 

  1. Pergunakan paku, Buatlah 5 lubang pada tutup botol tadi.

Lubang ini nantinya di perlukan agar air yang ada di dasar badan botol bisa naik ke atas dan menjadikan tanah menjadi lembab dan subur.

 

  1. Buatlah juga 4 lubang dibagi sama rata melingkar pada bagian leher botol tadi.

Lubang ini berfungsi untuk meneteskan air keluar jika tanah terlalu basah, jadi dapat mencegah akar busuk akibat terlalu banyak air.

Begitu juga lubang ini sekaligus sebagai jalan lewatan air untuk mengisi dasar botol saat tanaman disiram.

  1. Lalu balik bagian leher botol dan masukkan ke dalam badan botol satunya.

Dari situ terlihat tutup botol masih ada jarak dg dasar botol, terus berilah tanda titik pada bagian luar badan botol dengan ketinggian sekitar 5 cm di atas tutup botol.

 

  1. Buatlah 4 lobang di sekeliling badan botol pada posisi yang sudah di tandai titik tersebut dengan jarak antar lubang yang sekiranya sama.

Lubang ini sangat bermanfaat untuk Over Flow, yakni untuk membuang kelebihan air dalam badan botol, ini maksudnya level air dalam badan botol tidak akan melebihi lubang over flow tersebut, jika tidak ada lubang ini maka air akan menggenang sampai tinggi dan bisa menjadikan tanaman mati akibat overload air.

 

  1. Kemudian sekarang saatnya mengisi botol dengan tanah dan pupuk secukupnya.  Tanaman kesuakaan disiapkan untuk di tanam dalam pot botol.

Bim salabim, Jadi deeh  … ^_^

  1. Pot botol bisa anda cat biar rapi, utamanya cat warna gelap agar bagian dalam lebih terjaga kelembabannya meskipun terkena sinar matahari langsung, misalnya; cat warna hitam, hijau, biru, merah atau lainnya.

Semoga menginspirasi kreatifitas para sobat di rumah anda tentang Cara Mudah Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik dan Tanaman Cepat Subur , baik untuk kebun maupun pekarangan rumah. Perlu juga biar lebih fresh dipandang, pot hydropnik tersebut digantung sejajar sehingga tampak lebih indah di halaman rumah kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!