close
Ayam

Cara Ternak Ayam Kampung Organik Super Untuk Pemula Sampai Sukses

Cara Ternak Ayam Kampung Organik super Untuk Pemula. Ternak Ayam Kampung merupakan usaha agrobisnis berprospek tinggi untuk meningkatkan perekonomian dan memenuhi permintaan pasar yang banyak. Usaha ini bisa dijalankan skala besar dan kecil.

Bisnis tanpa ketekunan tak kan berhasil, singkirkan ketakutan akan masalah dan kendala, sebab masalah selalu ada jalan keluarnya. Masalah yang dihadapi biasanya: Gimana cara ayam kampung bisa tetap hidup sampai panen? Bilamana ayam kampung sakit? Modal dari mana untuk memulai? Bila rugi bagaimana ? dan lain sebagainya.

Ternak ayam kampung sudah biasa dilakukan di perkampungan dengan cara dilepas, tinggal bagaimana meningkatkan usahanya dengan dikandang namun dapat dilepas di area yang luas. Untuk memulainya, harus diketahui bahwa kebutuhan pasar lebih besar dari pada laju produksi daging ayam dan telur. Untuk itu teknik pengelolaan ternak ayam kampong diperlukan supaya bisa cepat panen dan  intesif.

Kunci Sukses ternak Ayam Kampung Organik

Menangkap peluang itu lebih penting dan ilmu ternak bisa dipelajari, tanpa peduli bakat atau tidak yang penting dicoba. Mudah saja bagi yang bermodal tebal yang siap resiko. Jauhkan ketakutan untuk memulai dan yakinlah bisa, bisa karena yakin dan usaha tanpa menyerah mendapatkan ilmu ternak. Pengalaman adalah guru terbaik untuk diri sendiri.

Mental pengusaha, bangkrut rugi bangkit lagi dari kesalahan, apalagi ini bisnis barang hidup. Orang sukses di bisnis apapun kunci rahasianya adalah tau ilmunya dulu.

Tujuan bisnis harus diperjelas, intinya kita memenuhi kebutuhan pasar yang butuh pasokan telur dan daging ayam kampung.

Tentukan Lokasi Ternak Ayam Kampung Organik

Lokasi ternak sangatlah penting, sebab sangat berpengaruh pada kenyamanan hidup ayam kampung ini, sebaiknya lokasi ternak jauh dari pemukiman warga kira-kira 20 m, selain suara ayam yang mengganggu tetangga yang lain, juga limbah bau amoniak yang menyengat.

Lokasi juga kalau bisa dekat dengan sumber air, sarana pokasi roduksi ternak (sapronak), pasar , transportasi mudah, dan aman.

Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Organik Yang Tepat

Memulai usaha bisa kapan saja asal semua factor pendukung usaha siap dan tersedia misalkan bibit, pakan dan kandang.

Informasi pasar yang jelas, itu sangat penting, karena kebutuhan pasar banyak di situ

Waktu yang tepat dan untung, yaitu memulai usaha beternak ayam kampung antara 2-3 bulan sebelum hari raya Iedul Fitri (lebaran), imlek dan tahun baru masehi. Mengapa? Sebab telur dan daging ayam kampung  meningkat, jadi tidak perlu khawatir pada ayam ternak kita tidak bisa laku di pasaran.

Manajemen usaha Ternak Ayam Kampung Organik

Bibit ayam kampung (DOC) mudah anda dapatkan, bisa dengan cara menetaskan sendiri dari ayam kampung betina dewasa. Kalau yang mau ditetaskan banyak, anda bisa pakai mesin penetas telur, dan anda bisa irit biaya.

Bibit bisa langsung membeli bibit ayam kampung (DOC) dari produsen di sekitar anda lebih praktis.

Pakan Ternak Ayam Kampung Organik

Pakan ternak ayam kampung ini mudah didapat, sebab banyak pabrik yang jual pakan ternak. Untuk meningkatkan penghasilan diperlukan sumber pakan ternak yang berkualitas tapi harga juga murah.  Dedek sisa gilingan padi bagus juga untuk pakan, atau fermentasi pakan dari kulit ubi.

Kandang Ayam Kampung Organik

Kandang dibikin sederhana tahap awal bagus, bila sudah yakin meneruskan usaha ini, anda buat kandang yang lebih besar dan nyaman. Yang harus diperhatikan dalam membuat kandang yang permanen adalah arah kandang dan kepadatan kandang.

Kandang ayam kampung bisa dibikin berdasarkan fase usia ayam yang dipelihara (bok, ren, atau postal).

Pencegahan dan penanganan penyakit Ayam Kampung

Pencegahan dan penanganan penyakit merupakan hal penting bagi peternak ayam kampung. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu program sanitasi yang intensif, biosecurity, dan lakukan program vaksinasi. Sedang penanganan penyakit pada ayam dengan cara yang benar saat mengobati penyakit. Anda Bisa beli obatnya di toko peternakan.

Pemasaran Ayam Kampung Cepat Laku

Banyak jalan menjual hasil panen ayam kampung, baik daging dan telurnya, Diantaranya: Warung di perkotaan yang menyediakan aneka menu ayam kampung, pengepul atau agen, Pasar tradisional, penjual ayam kampung keliling, pasar serba ada, supermarket, pasar agro, pedagang pasar yang jual ayam dan telur ayam kampung, penjual jamu yang butuh telur ayam kampung. Bilamana di daerah anda banyak peternak ayam kampung, alangkah baiknya bentuk komunitas atau asosiasi, misal koperasi peternak ayam kampung, dengan begitu banyak manfaatnya dan bisa sharing dalam mengatasi masalah pemasaran daging ayam kampung dan telur ayam kampung.

 

mesin pertanian, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, jual bibit tanaman, broiler chicken, Broiler Poultry, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, kunci sukses ternak ayam broiler, ayam broiler, broiler doc
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

mesin pertanian, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, jual bibit tanaman, broiler chicken, Broiler Poultry, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, kunci sukses ternak ayam broiler, ayam broiler, broiler doc
mesin alat pertanian modern, alat penetasan telur, pakan ternak broiler, mesin perkebunan, bibit tanaman, benih, mesin pakan ternak, mesin pembuat pakan ternak sapi, mesin pelet ayam, mesin pembuat pelet, mesin pakan ternak, broiler chicken, Broiler Poultry, harga doc broiler, jenis ayam broiler, ayam broiler, broiler doc, agro bank, idx agro, agro saham, BRI agro, fattening beef cattle, beef cattle, mesin pembuat pakan ternak sapi

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!