close
Kambing

Kandang Kambing Modern Pengaruhi Perkembangan Penggemukan

Cara menunjang penggemukan ternak kambing, kita bisa memanfaatkan jenis kandang kambing modern. Model kandang yang dipakai sangat berpengaruh untuk sukses atau tidaknya penggemukan ternak kambing . Kandang kambing modern yang cocok bagi penggemukan adalah kandang dengan bentuk panggung. Perhatikan ukuran dan dimensi dari kandang kambing Anda. Bentuk kandang untuk budidaya penggemukan bertentangan dengan pembibitan kambing pada umumnya.

Kandang kambing modern dengan model panggung dapat mengoptimalkan kebersihan dan kesehatan ternak. Dalam pengendalian penyakit bisa lebih mudah jika kandang menggunakan model panggung. Feses / kotoran padat serta urin kambing tidak menempel pada lantai kandang. Sehingga kondisi lantai tetap kering. Jika lantai kandan sering dalam situasi basah maka kambing  akan mudah terserang penyakit.

Kandang kambing modern model panggung merupakan pilihan tepat terhadap penggemukan kambing. Memang  faktor biaya membuat kandang kambing model panggung lebih besar jika dibandingkan dengan kandang non panggung. Pada kandang model panggung jadi mudah mengendalikan berbagai serangan penyakit pada ternak kambing.

Membuat Kandang Kambing Modern Model Panggung

1. Bahan dan Material Kandang Panggung

Membuat kandang kambing modern model panggung yang hemat, anda bisa memakai bahan atau material yang mudah dicari dengan harga yang murah tetapi memiliki daya kekuatan yang tahan lama. Misalkan bilamaterial yang Anda pakai adalah bambu sebagai tiang utama, kayu ukuran 5 x 7 cm digunakan untuk penyangga lantai panggung, kayu 4 x 6 cm sebagai penghubung antar tiang dan tumpuan atap, atap dari bahan plastik, semen sebagai bahan pembuat lantai dasar, baut, paku, dan dinding anyaman bambu. Bahan pembuat kandang kambing tidak harus sama persis seperti yang kami jelaskan di atas. Anda bisa memilih untuk memakai bahan material yang lebih murah atau yang lebih berkualitas. Sesuaikan saja dengan anggaran investasi Anda.

2. Ukuran Kandang Untuk Penggemukan Kambing

Ukuran ideal kandang kambing modern tergantung dari jenis kambing yang Anda ternakkan. Akan tetapi ada patokan dasar yang bisa Anda gunakan sebagai ukuran untuk membuat kandang kambing ini. Lebar minimal yang bisa Anda gunakan adalah 120 cm, panjang 150 cm, untuk 5 ekor ternak kambing. Dengan ketinggian panggung 70 cm, tinggi lantai kandang ke atap sekitar 180 cm pada bagian depannya dan pada bagian belakang 160 cm. Maka kemiringan kandang atap sekitar 20 cm. Kemiringan atap kandang dimaksudkan untuk lancarnya air hujan dan tetesan embun.

3. Lantai Dasar Di Bawah Lantai Kandang Kambing

Dalam membuat lantai dasar, Anda diwajibkan untuk menggunakan semen beton. Dipilihnya lantai semen / beton sangat berpengaruh pada faktor kebersihan serta mempermudah Anda dalam pembersihan kotoran kambing. Usahakan agar kemiringan lantai menuju ke belakang kandang. Dengan ketinggian sekitar 10 cm. Letakkan penampung air urin kambing pada ujung lantai dasar pada bagian belakang kandang. Urin kambing yang ditampung bisa Anda gunakan sebagai pupuk organik sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Selain mendapat keuntungan dari penggemukan kambing Anda juga mendapatkan keuntungan dengan menjual pupuk organik tersebut.

4. Lantai Kandang Model Panggung

Cara mebuat lantai kandang modern kambing bisa disuaikan dengan anggaran yang ada. Anda bisa menggunakan material papan kayu, batang bawah bambu yang sudah dibelah menjadi empat bagian kemudian diratakan. Penggunaan bahan lantai kandang dari bambu ( terutama bambu duri ) tergolong sangat awet jika dibandingkan dengan jenis bambu lainnya. Penggunaan bambu sebagai lantai kandang modern model panggung terbilang cukup murah jika Anda bandingkan dengan material lainnya.

Pastikanlah jarak lantai tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit. Usahakan Anda membuat jarak ideal antar lantai agar kotoran kambing dapat melalui sela – sela lantai tanpa tersangkut. Jika jarak terlalu rapat maka kotoran kambing akan tersangkut dan menumpuk pada lantai. Penumpukan kotoran bisa memicu berbagai penyakit yang dapat menyerang ternak kambing Anda. Jika jarak lantai terlalu lebar maka bisa menyebabkan kaki ternak kambing Anda akan sering terjepit atau terperosok.

5. Dinding Kandang Kambing Modern

Gunakanlah dinding anyaman bambu atau biasa disebut gedek. Dengan menggunakan gedek atau anyaman bambu Anda bisa menghemat biaya pembuatan kandang.

6. Tempat Pakan / Ketinggian Tempat Pakan

Anda sesuaikan ketinggian tempat pakan kambing dengan jenis kambing yang Anda pelihara. Karena tiap jenis kambing berbeda – beda kondisi tubuhnya. Pastikan ternak kambing Anda mempunya kenyamanan untuk menggapai pakannya.

7. Kanopi atau Atap Kandang

Ketinggian kanopi / atap kandang kambing modern dapat Anda buat dengan ukuran 180 cm dari lantai dasar kandang. Atau bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, agar kambing dapat beraktivitas dengan leluasa dan tidak menghambat pergerakan kambing.

Bila membangun kandang kambing modern untuk kambing jenis boer pastikan material dan bahan bangunannya adalah pilihan terbaik. Karena kambing boer ini memiliki berat badan yang besar diatas rata – rata kambing lokal.

Kira kira  bahan yang dihabiskan untuk kandang modern kambing seperti pasir, semen, kayu, besi 10 mm, paku, atap plastik, tiang bambu, gedek, dengan luas kandang kambing modern sekitar 120 cm x 400 cm menghabiskan dana sekitar 3.500.000 rupiah.

Tag:

pakan ternak, mesin pelet, mesin pertanian, peternakan, saham agro, jual benih biji buah, wisata agro, mesin pertukangan, mesin alat bangunan

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!