Pertanian

Manfaat Bawang Merah / Red Onion Untuk Ramuan Tradisional

Bawang merah terkenal dengan bahasa latinnya Allium cepa L. atau di Indonesia dikenal dengan nama bawang merah, Red Onion dalam bahasa inggris. Bawang merah sering disebut juga dengan nama berambang. Tanaman bawang merah ini banyak ditanam orang di sawah ataupun ladang yang cukup memperoleh sinar matahari. Tanaman bawang merah juga merupakan tumbuhan berumpun dan berumbi lapis ini berwarna keungu-unguan dan berbau tajam.

 

Bawang Merah Untuk Ramuan Tradisional

Tanaman bawang merah adalah tanaman semusim. tanaman bawang merah juga juga tidak berbatang dan daunnya berwarna hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya lancip. Bunga tanaman bawang merah adalah berwarna putih kemerah-merahan. Pada saat ini umbi bawang merah maupun daun bawang merah sehari-hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Sebagai penyedap masakan, daun bawang merah merupakan makan populer direstoran-restoran. Namun bawang merah juga sering dipakai dalam berbagai ramuan obat tradisional

Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap anti radang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir, bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya. Umbi lapisnya mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.

Manfaat Bawang Merah

Agrousaha menginformasikan bahwasanya kegunaan dari bawang merah  secara medis bisa digunakan sebagai penurun demam pada anak, mengatasi perut kembung, muntah-muntah, masuk angin.  obat batuk, Disentri, Hipertensi, Diabetes, Kutu air / kakirangen, Bisul/ luka, payudara bengkak / mastitis , Melancarkan air seni pada anak disertai demam, Sariawan.

Bawang merah   juga merupakan  bagian penting dari bumbu masakan, baik untuk masakan rumah tangga, restoran  maupun  industri  makanan , di samping itu bawang merah juga bisa  di manfa’atkan sebagai obat herbal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!