Teknologi Agro

MATA DAUN: Aplikasi Manajemen Pemupukan Bidang Pertanian dan Perkebunan

Dalam menggeluti bidang pertanian dan perkebunan, memperhatikan kondisi hijau daun dan nitrogen adalah penting guna menentukan jumlah dan jenis pupuk. Selama ini petani mengguanakan uji n-Kjeldahl dengan menggunakan klorofil meter yang selain butuh waktu yang cukup lama, harganya terbilang mahal. Akibatnya, petani kecil jarang menggunakannya, bahkan tidak pernah sama sekali mengunakannya untuk uji tanaman.

Aplikasi yang dapat membantu menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan tanaman

Berangkat dari kendala kendala tersebut Marcellinus AS Adhiwibawa seorang peneliti dari Universitas Ma Chung Malang  Jawa Timur yang membuat perangkat lunak yang bernama Mata-Daun. Sama halnya dengan alat uji n-Kjeldahl aplikasi ini dapat membantu menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan tanaman. cara penggunaannya juga mudah, yaitu  hanya dengan memfoto daunnya.

Selain itu hanya dengan kamera gadget aplikasi ini bisa mendeteksi warna-warna daun dan mengukur kadar klorofil dan nitrogen di daun tersebut. kelebihan lainnya adalah aplikasi ini juga bisa digunakan terhadap daun dari berbagai tanaman seperti padi dan kedelai.

Menurut penciptanya, meski memiliki ketepatan 80 persen dibanding  peralatan made in Jepang yang harganya bisa mencapai Rp 20 juta namun aplikasi ini sudah cukup untuk menjadi alternatif untuk membantu petani dalam melaksanakan manajemen pemupukan yang efektif.

Aplikasi Mata Daun

Kini Aplikasi Mata Daun diunduh secara gratis di Google Play, tepatnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mrcpp.matadaun,” berjalan di sistem operasi Android minimal versi 4.0 dan dengan prosesor minimal 1GB serta ROM 2GB dan kamera 5MP

 

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Content is protected !!