Pedoman Teknis Grade Bibit Day Old Chick (DOC) Ayam Broiler

Kualitas Grade Bibit Ayam Umur Sehari atau Day Old Chick (DOC) Broiler . Dunia bisnis bidang agro terkini utamanya usaha perseroan di bidang pembibitan ayam nenek (Grand Parent Stock Farm) dan pembibitan ayam induk (Parent Stock Farm) begitu santer. Produk yang diusahakan adalah berupa bibit ayam umur sehari atau Day Old Chick (DOC) yang terdiri dari Induk Broiler (Parent Stock Broiler), Induk Layer (Parent Stock Layer), Niaga Broiler, Niaga Layer Betina (Final Stock Layer Female) dan Niaga Layer Jantan (Final Stock Layer Male) dan produk bidang peternakan lainnya.

Doc Ayam Broiler (Day Old Chick) atau Bibit Ayam Broiler Pedaging

 Doc Ayam Broiler (Day Old Chick) atau Bibit Ayam Broiler merupakan anak ayam usia sehari yang di budidaya oleh peternak untuk menghasilkan daging ayam. Doc Ayam Broiler merupakan salah satu hal yang berkontribusi 30 % dalam bisnis usaha ternak Ayam Broiler seperti hanya dengan bisnis usaha Ayam Kampung atau pun bisnis ternak lainnya selain kandang, pakan ternak dan perlengkapan lain.

Bibit Ayam  Broiler Berkualitas, Menghasilkan Banyaknya Produktivitas

Bibit ayam merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dalam keberhasilan dan kelangsungan usaha peternakan. Kesalahan awal dalam pemilihan bibit atau rendahnya kualitas bibit yang dipelihara, akan berdampak jangka panjang yaitu rendahnya produktivitas dan kerugian peternak sendiri.
Dalam pemilihan Bibit Ayam ini juga mempengaruhi hasil panen sehingga pemilihan Doc Ayam Broiler atau Bibit yang baik dan bagus itu sangat penting karena semakin baik kualitas Bibit maka akan lebih mudah dalam pemeliharaannya sehingga akan lebih besar mendapatkan hasil yang maksimal.
Bibit Ayam Broiler saat ini sudah banyak yang menyediakan baik dalam produksi kecil (perumahan) atau pun dalam produksi sekala besar (pabrik) dan biasanya kualitas Doc Ayam Broiler yang baik itu diproduksi oleh pabrik yang sudah teruji kualitas Bibit dan Bobotnya.

Doc Ayam Broiler Terbagi Tiga Jenis Menurut Kualaitas Bibit :

1. Doc Broiler Super  Grade 1

Doc Ayam Broiler atau sering dikenal dengan istilah kualitas 1 / kw 1 merupakan Bibit pilihan dengan bobot 40 gram keatas dan biasanya  Doc Ayam Broiler ini dijual oleh parik dengan harga tinggi karena merupakan Bibit pilihan dengan kualitas terbaik.

2. Doc Broiler Grade 2

Doc Ayam Broiler Grade 2 atau KW 2 merupakan Bibit yang di hasilkan dari sortiran Doc Broiler Super Grade 1 yang beratnya dibawah 40 gram, Bibit ini bukan berarti tidak bagus akan tetapi pemilihan atau pembagian bibit ayam yang besar dan kecil saja sehingga dalam pemeliharaannya akan merata, jika bibit KW 1 dan kw 2 tidak di pilah maka akan mempengaruhi pertumbuhan karena bibit yang kecil akan kalah pertumbuhannya dengan yang ukurannya lebih besar.

3. Doc Broiler Grade 3

Doc Ayam Broiler Grade 3 atau sering disebut Doc Polos merupakan sortiran dari Doc Broiler Grade 2 atau biasa dikatakan tingkatan Bibit paling bawah, dan bisanya dalam Doc Broiler polos ini banyak Bibit yang kecil dan cacat fisik tidak bagus dan suatu hal sangat wajar karena Bibit Polos ini harganya lebih murah.

Sebaik apa pun Bibit atau Doc Ayam Broiler kalau dalam pemeliharaannya tidak maksimal maka hasilnya tidak akan maksimal dan jika menggunakan Bibit atau Doc dengan kualitas rendah tetapi dalam pemeliharaannya maksimal dan bagus maka tidak menuntut kemungkinan akan mendapatkan hasil yang maksimal

Peliharaan Ayam Ternak Haruslah Memenuhi  ideal Fisik

1. Ternak sehat dan tidak cacat pada fisiknya
2. Pertumbuhan dan perkembangannya normal
3. Ternak berasal dari pembibitan yang dikenal keunggulannya.
4. Tidak ada lekatan tinja di duburnya
5. Pemilihan Bibit dan Calon Induk

Pedoman Teknis Memilih Bibit / DOC (Day OldChicken) / Ayam Umur sehari:

1. Anak ayam (DOC ) berasal dari induk yang sehat.
2. Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya .
3. Tidak terdapat kecacatan pada tubuhnya.
4. Anak ayam mempunyak nafsu makan yang baik.
5. Ukuran badan normal, ukuran berat badan antara 35-40 gram.
6. Tidak ada letakan tinja diduburnya.

Pedoman Teknis Grade Bibit Day Old Chick (DOC) Ayam Broiler menjadi persyaratan ideal untuk Kualaitas Bibit yang akan diternak.

 

Tag:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!