Properti dan Rumah

Renovasi Rumah Butuh Keahlian Khusus, Apa itu ?

Renovasi Rumah butuh Keahlian Khusus, dengan  tujuan memperbaiki tidak sekedarnya, tapi harus disiapkan terdahulu langkah-langkahnya. Renovasi rumah atau memperbaiki rumah bisa karena bagian rumah yang rusak, memperbaiki desain yang sudah tidak sesuai selera, atau menambah ruang sesuai kebutuhan.

Renovasi Rumah intinya meningkatkan kenyamanan anda dalam menghuni rumah anda dengan selera anda. Jadi jangan sampai proses ini justru membuat Anda kesal, stress, dan kehabisan dana (apalagi sampai ngutang kanan-kiri).
Agar renovasi rumah Anda berlangsung mulus, inilah  tipsnya:

1. BUATLAH PERENCANAAN MATANG SEBELUM RENOVASI

Renovasi bisa sangat meleset dari apa yang Anda bayangkan jika tanpa perencanaan matang. Idealnya, Anda merenovasi bukan hanya untuk kebutuhan saat ini, melainkan juga mengakomodasi kebutuhan beberapa tahun mendatang. Karena tidak setiap tahun Anda bisa melakukan renovasi.

2. TENTUKAN PRIORITAS  RUANG

Tentukan prioritas mengenai ruang apa saja yang akan direnovasi dan sejauh apa renovasi akan dilakukan. Keinginan selalu banyak. Namun tidak semua keinginan bisa diwujudkan sekaligus.  Misalnya, Anda akan memperluas ruang tidur utama. Ini berarti Anda perlu membongkar dinding ruang tidur dan kemudian membentuk dinding baru. Buatlah dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan prioritas. Bila biaya tidak mencukupi, coret satu demi satu dari urutan terbawah.

3. SESUAIKAN DENGAN BUDGET

Renovasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan seringkali yang terjadi biaya membengkak, yang berujung pada renovasi berhenti setengah jalan karena kehabisan biaya.

4. SATUKAN KEINGINAN

 Dalam banyak kasus, yang membuat proses pembangunan menjadi lama adalah adanya ketidakpastian antara suami dan istri. Bahkan tidak jarang arsitek atau kontraktor terpaksa membongkar apa yang sudah terpasang hanya karena perbedaan selera ini. Untuk itu, sebelum memulai renovasi, sepakati dulu apa yang Anda dan pasangan inginkan

5. BUATLAH RAB (RENCANA ANGGARAN BIAYA)

Dalam proses renovasi, RAB (Rencana Anggaran Biaya) sangat penting. Bila Anda menggunakan jasa kontraktor, merekalah yang akan membuat RAB. RAB berisi rincian biaya yang didasarkan pada kebutuhan setiap material dikalikan dengan harga material saat itu, dengan rumusan yang sudah baku.

6. PERTAHANKAN STRUKTUR LAMA

Mempertahankan struktur bangunan lama akan lebih menghemat biaya. Usahakan dalam mengubah ruang, Anda sesedikit mungkin mengubah struktur bangunan.

7. IKUT MENGAWASI BELANJA MATERIAL

Dalam proses renovasi, RAB (Rencana Anggaran Biaya) sangat penting. Bila Anda menggunakan jasa kontraktor, merekalah yang akan membuat RAB. RAB berisi rincian biaya yang didasarkan pada kebutuhan setiap material dikalikan dengan harga material saat itu, dengan rumusan yang sudah baku.

8. IZIN TETANGGA

Saat renovasi, Anda akan membutuhkan ruang untuk meletakkan bata, semen, pasir, dan lain-lain. Bisa jadi Anda mengambil lahan bagian depan rumah tetangga Anda. Anda juga akan membuat suara bising seperti suara palu saat membobok tembok/dinding. Alangkah baiknya sbelum renovasi Anda mengkomunikasikannya dengan tetangga, minimal tetangga kiri, kanan, dan depan Anda.

9. PERTIMBANGKAN UNTUK PINDAH SEMENTARA

Bilaproyek renovasi yang Anda lakukan cukup besar dan Anda memiliki anak kecil atau manula, ada baiknya Anda pindah sementara (misalnya mengontrak), agar kehidupan dan kesehatan anggota keluarga tidak terganggu. Tapi usahakan untuk tinggal tidak jauh dari rumah, agar pengawasan tetap berjalan lancar.

8. SEDIAKAN DANA UNTUK INTERIOR

Renovasi tidak hanya menyangkut urusan bangunan. Apalagi bila Anda mengubah style bangunan, Anda akan membutuhkan barang-barang baru seperti furniture, lampu, atau mungkin juga aksesori (gorden, karpet, pajangan, lukisan, dsb) yang sesuai dengan dengan rumah baru. Pastikan Anda menyediakan dana untuk itu. Tentu tidak pas jika rumah modern Anda yang baru diisi dengan furniture gaya klasik yang penuh ukiran.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

close

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!