Surabaya Targetkan 3.500 Bunda PAUD Tersertifikasi

Surabaya targetkan 3.500 Bunda PAUD Tersertifikasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus tingkatkan kualitas pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD).

Berdasarkan data akhir tahun 2013, di Surabaya telah tersebar 813 PAUD yang ada di setiap kelurahan dengan total bunda PAUD sebesar 13.049. Namun, dari jumlah tersebut baru 2.100 bunda PAUD yang telah mendapat sertivikat pendidik dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Kepala Sie PAUD Dispendik kota Surabaya Hari Joko mengungkapkan bahwa tahun ini ditargetkan ada 3.500 pendidik PAUD yang akan dilatih oleh pemkot agar mendapat sertifikat. “Pelatihan ini untuk membuat standar pengajaran dalam mendidik anak-anak PAUD,” tegas Hari. Selain itu, salah satu yang menjadi kendala adalah bunda PAUD yangmengajar mayoritas karena kesadaran dan sukarela. Sehingga untuk mengarahkan untuk pelatihan formal sedikit tersendat. Pelatihan ini akan diberikan selama 48 jam yang dibagi dalam lima hari. Selain itu, pelatihan ini pun dibuat berjenjang. Mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut.

Para bunda PAUD yang telah mengikuti pelatihan tingkat dasar sebanyak 2.100 tersebut tahun ini akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjut. Untuk tahun ini pelatihan akan dilaksanakan pada triwulan kedua tahun ini. Selain pelatihan, tahun ini Diknas juga memberi anggaran lebih untuk kesejahteraan bunda PAUD. Bantuan sosial (bansos) yang diambil dari anggaran APBD untuk pendidik PAUD, TPA, KP tahun ini akan ditingkatkan.

Bansos yang diberikan dalam bentuk uang transpor senilai Rp 25.000 tiap harinya ini per tahun 2014 akan ditambah. Jika bunda PAUD, TPA, KP dihitung empat hari tiap minggu, dan TK dihitung enam hari tiap minggu, maka tahun ini semua akan disamakan. “Mulai tahun ini semua akan disamakan Rp 150 ribu,” jelas Hari. Diknas hanya bisa berwenang untuk meningkatkan uang transport saja, lantaran gaji tidak diatur dalam peraturan
daerah maupun nasional. (ima/hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!