close
Bisnis

Tahap dan Cara Mendirikan Perusahaan (PT)

Tahap mendirikan perusahaan Perseroan Terbatas atau ( PT ) sebenarnya mudah, tinggal menyediakan syarat – syarat yang dibutuhkan dan mengurusnya ke jasa kepengurusan pendirian perusahaan. Setiap kota besar biasanya banyak orang yang membuka jasa pendirian perusahaan, tinggal konsultasi dan persiapkan data dan uang anda.

Andapun bisa mengurusnya sendiri untuk mendirikan perusahaan, tentunya harus tahu tahap  dan Cara Mendirikan Perusahaan (PT). Berikut adalah tahap dan cara mengurus pendirian PT yang mungkin bermanfaat bagi para pelaku pengusaha dan anda yang baru masuk di dunia usaha.

Terlebih dahulu untuk mendirikan perusahaan (PT) , data yang perlu anda siapkan adalah:

  1. Opsi Nama Perusahaan (Minimal 3)
  2. Bidang Usaha
  3. Domisili Perusahaan
  4. Nama-Nama Pemegang Saham & KTP
  5. Komposisi Pemegang Saham
  6. Modal Dasar Perusahaan(Minimal Rp51.000.000)
  7. Modal Disetor (Minimal Rp51.000.000)
  8. Susunan Direksi dan Komisaris
  9. KTP Direktur dan Komisaris
  10. NPWP Direktur
  11. Fasfoto 3×4 2 lembar

 

Langkah selanjutnya mendirikan PT (Perseroan Terbatas)

1. Membuat Akte Perusahaan

Perusahaan berbadan hukum harus membuat akte perusahaan, ini merupakan syarat wajib. Akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris.

2. Punya Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat Keterangan Domisili Usaha dapat anda urus di kantor kelurahan atau kantor kepala desa di mana perusahaan  berdomisili. Berdasarkan surat ini, Camat mengeluarkan surat keterangan yang sama.

Lalu cara mendapatkan surat keterangan domisili, yang diperlukan lagi salinan akte perusahaan. Selain itu, petugas kelurahan kadang atau sering juga menanya apakah tempat usaha disewa atau milik sendiri. Bila disewa, mereka menanya copy perjanjian sewa menyewa. Bila milik sendiri, mereka meminta copy sertifikat tanah dan IMB. Kadang, ada juga yang minta copy bukti bayar PBB- apakah sudah lunas atau tidak.

Umumnya, mengurus SK domisili dipungut biaya administrasi. Biaya administrasi ini bervariasi dari satu kelurahan ke kelurahan lain.

3. Mengurus NPWP Perusahaan

NPWP perusahaan adalah wajib punya bagi perusahaan yang legal. Untuk mendapatkan NPWP, untuk mendapatkannya diperlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili.

Ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah tertentu meminta copy SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan. Ada juga yang hanya meminta akte dan SK domisili.

Umumnya mengurus pembuatan NPWP hanya butuh 1/2 jam. Bila Anda memasukkan berkas di pagi hari ke kantor pajak, pagi itu juga Anda bisa  mendapat NPWP.

 

4. Punya Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM

Yang diperlukan untuk mendapatkan ini, persiapkan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili.

5. Mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

SIUP adalah bagian dari proses mendirikan PT agar perusahaan Anda bisa beroperasi. Mengurus SIUP relatif sama di berbagai tempat di berbagai kota di Indonesia.

6. Uruslah Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

TDP adalah bagian dari proses pendirian perusahaan. Umumnya diurus setelah Anda mendapatkan SIUP. Pada pemda tertentu, dapat mengurus SIUP dan TDP sekaligus. Persyaratannya relatif sama untuk berbagai daerah./hukumonline.com/

Begitulah tahap – tahap  mendirikan perusahaan di negara tercinta secara umum, anda bisa berkonsultasi langsung pada instansi terkait bila anda masih kurang tahu. Untuk penjelasan syarat – syarat pendirian PT sangatlah penting, untuk itu tunggu informasi selanjutnya di hari berikutnya…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

pakan ternak, mesin pelet, mesin pertanian, peternakan, saham agro, jual benih biji buah, wisata agro, mesin pertukangan, mesin alat bangunan

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!