Pertanian

Tetes Tebu atau Molases dari Pabrik Gula Cocok Untuk Campuran Pakan Ternak

Tetes Tebu atau Molases dari Pabrik Gula Cocok Untuk Campuran Pakan Ternak. Istilah Molases diambil dari serapan bahasa Inggris disebut molasses . Molases adalah produk sampingan dari industri pengolahan  gula tebu atau gula bit yang masih mengandung gula dan banyak asam-asam organik. Molases merupakan hasil industri gula tebu, di Indonesia dikenal dengan nama tetes tebu. Tetes tebu diperoleh dari pemisahan  kristal gula pada pengolahan gula tebu.

Pengolahan tebu pertama dengan cara digilingnya  tebu hingga keluarlah nira mentah yang berbentuk jus, setelah nira mentah diproses dengan cara pemurnian untuk dapatkan nira jernih sampai nira kotor mengendap, selanjutnya nira jernih lanjut penguapan dengan tujuan meningkatkan konsentrasi sampai tingkat jenuh.

Nira kental dari hasil penguapan dilanjut proses pembentukan kristal gula dengan cara pemasakan, setelah kristal terbentuk dan lanjut tahap pendinginan, lalu pemisahan dengan alat pemusing dan penyaring hingga dapat gula mentah dan tetes tebu.

Tetes Tebu atau Molases

Salah satu pabrik penghasil tetes tebu adalah dari Pabrik Gula PT. Rajawali Nusantara Indonesia yang masih eksis menghasilkan gula dan tetes tebu. Kebutuhan ternak dan tanaman masih dipenuhi sampai sekarang.

Banyak industri dengan memanfaatkan molase diantaranya adalah industri produk hasil penghasil dan penyulingan seperti halnya rum, alkohol, industri fermentasi seperti mononatrium glutamat, asam sitrat, cuka, protein sel tunggal, aseton-butanol, dan gum xanthan. Sifat molase tidak mengandung gula yang mengkristal sampai dapat dimanfaatkan untuk memproduksi etanol melalui proses fermentasi.

Tetes tebu atau molasses yang diproduksi dari pabrik gula PT. Rajawali Nusantara Indonesia ( BUMN) misalkan, yakni di daerah Subang Jawa Barat, mereka memiliki produk molases yang bermutu dan berkualitas tinggi dengan standar kandungan mutu sebagai berikut :

1. Brix pol (%) : 80,75 s/d 87,20 %

2. Total Sugar As Invert (TSAI) : 57,85 s/d 62,80%

3. Berat Jenis (BJ) : 1,4275

4. Kadar Lignin : 0 %

5. Wangi dan tekstur : khas molasses, kental dan manis

 

Molasses atau tetes tebu dimanfaatkan dan digunakan dibidang: industri pakan ternak, peternakan sapi, industri kimia, industri energi etanol, industri konstruksi , Industri bahan baku pangan dan industri pupuk kompos.

 

Tag:

Terpopuler

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!