Tetes Tebu / Molases Kaya Nutrisi Untuk Ternak Ruminansia dan Campuran Pelet

Molases / tetes tebu adalah sisa olahan dari industri pengolahan gula dalam bentuk cair kental warna coklat tua pekat. Hal   tersebut sesuai dengan pendapat Pond dkk., (1995) yang menyatakan bahwa molases adalah limbah utama industri pemurnian gula.

Molases / tetes tebu adalah sumber energi  esensial yang terdapat kandungan gula didalanya. Tetes tebu terdapat kandungan nutrisi atau zat gizi yang lebih cukup baik, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk tambahan pakan ternak.

Tetes tebu / Molasses punya kandungan =

  • Serat kasar 0,6 %;
  • protein kasar 3,1 %;
  • BETN 83,5 %;
  • Lemak kasar 0,9 %; dan
  • Abu 11,9 %.

Jenis tetes tebu / Molasses ada dua jenis, yaitu:

(1) Beet-molasses­ adalah pakan pencahar yang baiknya diberikan pada ternak dalam jumlah kecil.
(2) Cane – molasses adalah jenis tetes tebu/molasses yang punya kandungan 25 – 40 % sukrosa dan 12 – 25 % gula pereduksi dengan total kadar gula 50 – 60 % atau lebih. Kadar protein kasarnya sekitar 3 % dan kadar abu sekitar 8 – 10 %, yang sebagian besar terbentuk dari K, Ca, Cl, dan garam sulfat;

Kadar air yang terdapat dalam tetes tebu / molasses yaitu 15 – 25 % serupa kental manis berwarna coklat pekat hingga hitam.

Pemberian Tetes tebu / Molasses takaran tinggi dapat menjadi sebagai pencahar sebab mineralnya cukup tinggi.

 

Manfaat Tetes tebu untuk Ternak dan Ransum Ruminansia

Mollases / tetes tebu sangat baik diberikan pada ternak ayam, kambing, sapi dan kuda. Hasil penelitian, memberikan mollases pada ransum ternak ruminansia adalah sebanyak 5 % yang terdiri dari jagung, dedak padi, tepung ikan, rumput gajah secara nyata dapat meningkatkan bobot badan ternak.

Namun penggunaan tetes tebu lebih dari 5 % akan berdampak tidak baik, yakni berkurangnya pada peningkatan bobot badan sebab energi pakan yang dihasilkan terlalu tinggi. Oleh karenanya molases sering dicampurkan ke dalam ransum sebanyak 2 % – 5 % untuk meningkatkan palatabilitas pakan.

Contoh dari penggunaan molasses dalam ransum pakan yaitu melalui pengolahan pakan UMB (Urea Molasses Block) yang  merupakan sumber protein (Non Protein Nitrogen), energi dan mineral yang banyak dibutuhkan temak.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan urea molasses block antara lain =
– Molasses sebagai sumber energi,
– Pupuk urea sebagai sumber nitrogen (protein) dan
– Bahan pengisis berupa dedak padi, gandum, bungkil kelapa, bungkil biji kapuk, sebagai bahan pengeras dipakai  bentonit, tepung batu gamping dan sebagai bahan tambahan dipakai garam dapur dan mineral campuran.

Tetes Tebu Untuk Campuran Pellet Binder dalam Meningkatkan Kualitas Pelet

Molases dapat berfungsi sebagai pellet binder untuk meningkatkan kualitas pelet. Penggunaan molasses pada industri pakan ternak di level diatas 5 – 10 %, dapat menyebabkan gumpalan yang terlalu kental pada mixer

Molases juga dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk sejumlah industri fermentasi.

Selain Tetes tebu / molases bermanfaat sebagai pakan ternak, molasses juga dapat menyebabkan keracunan (molasses toxicity). Gejala-gejala yang dapat terlihat yaitu terjadinya inkoordinasi dan kebutaan yang disebabkan oleh deteorisasi otak yang hampir sama dengan nekrosi serebrokortikal. Keracunan tersebut kemungkinan disebabkan oleh defisiensi thiamin (Vitamin B1), menurunnya suplai glukosa ke dalam otak dan rumen statis. Pemberian hijauan berkualitas sangat baik pada ternak sebab dapat mencegah terjadinya keracunan tersebut.

Yang membutuhkan tetes tebu / molasses asli untuk campuran pakan atau pembuatan konsentrat sapi, kambing. Fermentasi probiotik, kembang biakan lele, ayam dan bebek. Atau untuk di jual lagi.

Dengan wadah
1.5 liter (botol aqua besar)
5. liter
10 liter
20 liter
30 liter
200 liter (1 drum ukuran besar).

Melayani Pengiriman Tetes tebu ke wilayah jatim dan jawa tengah boyolali, salatiga, purwodadi, sragen, klaten, magelang, jogja, semarang. Saat ini juga siap melayani kiriman dalam eceran 1.5 liter s/d 30 liter menggunakan cargo/logistic ke semua wilayah jawa tengah dan sumatera. Cukup komentar di bawah ini.

 

 

Tag:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!