close
Bisnis

UKM : Ritel Modern Diminta Siapkan Space untuk UKM

SURABAYA – UKM akan mendapatkan space pasar yang luas. Ritel Modern Diminta Siapkan Space untuk UKM Jawa Tinur. Pesatnya pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM) belum diimbangi jaringan pemasaran dan sarana pemasaran yang memadai. Hal itu membuat para pelaku UKM sulit berkembang dan mandiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim berharap agar pengelola pusat belanja maupun ritel modern memberikan space atau tempat bagi UKM untuk memasarkan atau menitipkan produknya.“Selama ini jaringan pemasaran produk UKM masih sangat terbatas.

Apabila mereka memiliki ruang di pusat perbelanjaan atau bisa masuk jaringan supermarket dan ritel modern, tentu itu sangat membantu pemasaran mereka,” terang Kepala Disperindag Jatim Budi Setiawan kemarin (26/12). Budi menjelaskan, selama ini UKM tidak mendapat tempat yang memadai di pusat-pusat perbelanjaan untuk memasarkan produknya. Salah satu alasan produk UKM susah diterima di supermarket atau ritel modern adalah kualitas. Padahal, pemerintah sudah membimbing dan membantu dalam pemenuhan standar dan perizinan. “Satu hal lagi yang saya harapkan, pemerintah membuat peraturan khusus yang mewajibkan pusat-pusat perbelanjaan menyediakan ruang pamer khusus di pusat perbelanjaannya. Selain menguntungkan untuk pelaku UKM, itu menjadi salah satu dukungan mereka untuk pengembangan UKM di tanah air,” paparnya.

Di antara ribuan pelaku UKM di Jatim, saat ini baru sebagian kecil yang produknya dipasarkan di supermarket maupun ritel modern. Produk tersebut, antara lain, olahan makanan dan minuman, garmen, kerajinan, furnitur, serta perhiasan. “Tidak hanya di Jatim, kami harap beberapa pusat perbelanjaan, seperti supermarket dan ritel modern, di berbagai daerah di Indonesia juga mampu menampung produk UKM. Sebab, produk UKM sebenarnya tidak kalah oleh produk industri dan produk impor. Hanya, pemasarannya kurang sehingga kurang dikenal masyarakat,” tuturnya. Saat ini hanya ada beberapa jaringan supermarket dan ritel modern yang menyediakan tempat bagi UKM untuk memasarkan produknya. Di antaranya, Makro dan Gelael. (nur/c1/jay)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

pakan ternak, mesin pelet, mesin pertanian, peternakan, saham agro, jual benih biji buah, wisata agro, mesin pertukangan, mesin alat bangunan

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!