Blog

CMS WordPress Punya Keunggulan Dibanding CMS Yang Lain

CMS WordPress menurut saya pribadi Punya Keunggulan Dibanding CMS Yang Lain. Menurut saya lebih mudah dibanding platform lain, dan berikut ini adalah alasan utama mengapa blog saya menggunakan WordPress.

Diskusi dr beberapa teman tentang CMS apa yang paling cocok saya gunakan untuk membuat blog. Seorang teman menyarankan saya untuk menggunakan Joomla, seorang lagi menyarankan saya untuk menggunakan Drupal, dan yang lainnya menyarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Akhirnya saya menganalisa dengan beberapa perbandingan CMS, juga dari para pakar pengembang dan pengguna CMS. Keunggulan CMS WordPress yaitu:

1. CMS WordPress  Gratis

Bila kita ingin membuat sebuah blog dan tidak ingin mengeluarkan biaya maka WordPress.com dapat memberikan solusi itu, yang dibutuhkan hanya waktu untuk mengerjakannya. CMS Drupal dan CMS lainnya juga dapat di download secara gratis dan diinstal di hosting Anda, namun mereka tidak seperti WordPress yang menyediakan hosting gratis seperti pada WordPress.com.  Ini membuat WordPress digunakan oleh banyak orang dan membantu dalam pengembangan WordPress itu sendiri menjadi CMS yang lebih mutakhir dibanding yang lain.

2. Sangat Mudah Dipelajari

Selama ini saya sudah membuat beberapa website baik itu web affiliasi amazon.com ataupun website berbentuk blog, Saya menyadari bahwa mempelajari tentang WordPress jauh lebih mudah dibanding CMS lain. Pada CMS lain mungkin memiliki lebih banyak pilihan dalam hal organisasi konten dan faktor lainnya, namun ketika kita berbicara tentang kemudahan dalam penggunaannya, WordPress adalah pilihan terbaik.

Lebih tepatnya saya akan mengatakan bahwa Drupal dan Joomla adalah CMS untuk tingkat lanjut yaitu orang yang mengerti tentang coding.. Saya pernah mencoba menggunakan Drupal dan Joomla, dan saya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan settingan yang ternyata setelah selesai saya kerjakan hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Saya tidak mengatakan CMS tersebut kurang bagus, tapi faktanya adalah Drupal dan Joomlah tidak semudah menggunakan WordPress.

2. Begitu Mudah Ditambahkan Fitur Baru

Sebenarnya CMS lain juga dapat ditambahkan fitur baru, namun tidak ada dari antara CMS itu yang memiliki plugins dan themes yang sangat user friendly seperti yang dimiliki oleh WordPress. Pada dashboard WordPress, saya dapat dengan mudah menambahkan fitur baru hanya dalam hitungan menit, atau bahkan dalam hitungan detik, sedangkan pada Drupal saya harus menghabiskan waktu lebih banyak waktu untuk mencari add-on – itupun kalau tersedia – lalu harus melakukan test-bug, mempelajarinya, dan banyak lagi, ini menghabiskan waktu dan kesabaran saya :P.

3. Relative Aman

Drupal dan CMS lain tentu memiliki solusi kemanan juga, namun tidak ada satupun dari antara CMS ini yang dapat menandingi pilihan yang tersedia pada pengguna WordPress. Memang ada kemungkinan situs WordPress dapat di-hack orang, namun akan lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress dibandingkan dengan menjaga keamanan situs yang menggunakan CMS lain. Kenapa saya bilang begitu? Ada dua alasan kenapa lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress. Yang pertama adalah karena kita bisa mengupdate software WordPres dan mendapatkan update kemananan terbaru dengan sangat mudah dibandingkan dengan CMS lain. Yang kedua, WordPress memiliki beberapa plugins untuk keamanan yang lebih serius dimana plugins ini dapat mengunci keamanan situs tersebut dengan sangat rapat.

5. Punya Komunitas Yang Luas di Seluruh dunia

Apakah Anda ingin menambahkan fitur baru pada situs WordPress Anda saat ini atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress, Anda pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang mau membantu Anda. Mungkin bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress Adalah sebuah keuntungan lainnya.

Begitulah analisa dan alasan kami memilih CMS WordPress.

Terpopuler

close

Copyright © 2015 FMT. MVPT, powered by agrousaha.com

To Top
error: Content is protected !!